sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 23 Mei 2019 21:06 WIB

Sebaiknya Mainkan Leno atau Cech di Final Liga Europa, Arsenal?

Yanu Arifin - detikSport
Bernd Leno dan Petr Cech, dua kiper Arsenal. (Foto: Julian Finney/Getty Images) Bernd Leno dan Petr Cech, dua kiper Arsenal. (Foto: Julian Finney/Getty Images)
London - Arsenal dihadapkan pada pilihan memainkan kiper Bernd Leno atau Petr Cech di final Liga Europa. Siapa yang sebaiknya diturunkan?

Arsenal akan menghadapi Chelsea di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, 30 Mei 2019, dalam final Liga Europa. Penjaga gawang The Gunners menjadi sorotan.

Arsenal punya dua kiper jempolan saat ini. Leno, yang didatangkan Bayer Leverkusen pada musim panas tahun lalu, langsung menyabet tempat utama dengan total penampilan 36 kali, kebobolan 45 kali, dan membuat clean sheet 9 kali.




Sementara Cech, yang lebih senior, bermain sebanyak 21 kali, kebobolan 22 kali, dengan clean sheet-nya juga sebanyak 9 kali.

Cech, yang sudah berusia 37 tahun, sudah mengumumkan bakal pensiun di akhir musim. Artinya, laga final Liga Europa bisa menjadi laga terakhir kiper asal Republik Ceko tersebut.

Legenda kiper Arsenal, David Seaman, menilai Leno lebih layak mengingat Arsenal butuh kemenangan di final Liga Europa sebagai tiket ke Liga Champions. Namun mantan penjaga gawang asal Inggris itu juga menghormati Cech andai dimainkan untuk menutup kariernya.

"Satu-satunya pikiran saya adalah Arsenal sangat membutuhkan ini [menjuarai Liga Europa]. Mereka lebih membutuhkannya ketimbang Chelsea," kata Seaman dilansir Sky Sports.

"Mereka membutuhkannya untuk masuk ke Liga Champions dan saya selalu mendukung tim terkuat. Itu berarti Leno, tapi saya yakin Cech akan main sebab ini laga terakhirnya," sambungnya.




Selain bakal pensiun, Cech belakangan dirumorkan akan kembali ke Chelsea sebagai direktur olahraga. Sebelum pindah ke Arsenal, Cech membela The Blues sejak 2004 hingga 2015 yang turut meraih empat gelar Liga Inggris dan sekali Liga Champions. Seaman mengomentarinya rumor tersebut.

"Saya terkejut ketika mendengarnya. Saya sangat terkejut pada saat itu. Saya berpikir, apa Chelsea yang membawanya keluar atau seseorang dari Arsenal?" lanjutnya.

"Belum ada yang pasti, jadi apakah Cech akan bermain atau tidak, saya tidak tidak akan khawatir. Dia profesional sejati dan bahkan ketika dia bergabung dengan Chelsea, tidak akan ada banyak perbedaan pada penampilannya," ujar Seaman. (yna/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com