sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 14:04 WIB

Emery Bangkitkan Arsenal dari Era Suram Arsene Wenger

Putra Rusdi K - detikSport
Unai Emery membangkitkan Arsenal yang kehilangan daya saing saat di asuh Arsene Wenger (Foto: David Klein/Reuters)
Baku - Unai Emery mampu membangkitkan Arsenal usai masa suram bersama Arsene Wenger. Ia menilai The Gunners kehilangan daya saing di bawah asuhan Sang Professor.

Emery berhasil mengantarkan Arsenal menembus final Liga Europa di musim perdananya melatih tim asal London ini. Di partai puncak tim asuhannya bakal berjumpa sesama tim Inggris, Chelsea, di Baku Olympic Stadium, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Raihan tersebut tak lepas dari kerja keras Emery untuk membuat Arsenal kembali kompetitif. Ia membangkitkan Meriam London yang dalam beberapa musim terakhir penampilannya menurun di bawah asuhan Wenger. Meriam London dalam dua musim beruntun gagal menembus Liga Champions.



"Ketika saya tiba di sini, kami mengubah beberapa hal. Bersama Wenger, tim sangat kompetitif dan ia juga memberikan kami pemain-pemain yang berkualitas yang kompetitif serta menciptakan momen terbaik di Arsenal. Tetapi pada tahun-tahun terakhirnya mereka tak lagi kompetitif dan hanya menjaga kualitas," ujar Emery dikutip dari Sportskeeda.

Emery mengaku belajar banyak dari para pelatih lain untuk mengarungi musim perdana di Liga Inggris. Ia menilai untuk meraih kesuksesan di Premier League tim tak hanya harus berkualitas, namun juga punya fisik yang bagus.



"Saya belajar dengan pelatih lain, juga mendengarkan dan melihat, bahwa di sini Anda butuh para pemain yang berkualitas dan punya fisik bagus untuk kompetitif. Anda membutuhkan keduanya," ujar Emery menjelaskan.

"Jika Anda hanya memiliki pemain berkualitas, sulit untuk mengejar ketinggalan dengan yang lain. Itu adalah sama jika Anda hanya memiliki pemain dengan fisik bagus, tanpa kualitas. Jadi tujuan saya adalah membuat tim untuk memiliki keduanya."

"Di atas semua itu, tujuan saya adalah untuk menjadi kompetitif (lagi) dan kami melakukan ini, semakin kompetitif sedikit demi sedikit dengan tim ini. Kami membutuhkan lebih banyak, ya. Kami tidak dapat melakukan semuanya dalam satu tahun. Tapi kami telah mengurangi jarak dengan tim lain dan kami sudah mulai bisa bersaing," tambahnya.

(pur/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com