sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 07:35 WIB

Van Dijk Pun Tak Akan Bikin Lini Belakang Arsenal Membaik

Redzi Arya Pratama - detikSport
Gawang Arsenal bobol empat kali di final Liga Europa (Foto: Francois Nel/Getty Images) Gawang Arsenal bobol empat kali di final Liga Europa (Foto: Francois Nel/Getty Images)
London - Lini belakang Arsenal menjadi sorotan ketika kalah 1-4 dari Chelsea di final Liga Europa. Virgil van Dijk pun dianggap tak akan mampu membereskan masalah itu.

Barisan pertahanan Arsenal gagal tampil maksimal di laga final Liga Europa di Baku Olympic Stadium, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Empat gol bersarang di gawang Petr Cech.

Gol pertama Chelsea tercipta karena Laurent Koscielny gagal menjaga Olivier Giroud dengan baik. Gol kedua Chelsea yang dibuat Pedro Rodriguez pun berawal dari salah seorang pemain Arsenal yang kehilangan bola di daerah sendiri dan mengakibatkan serangan balik terjadi.

Petaka kian besar buat Arsenal ketika Ainsley Maitland-Niles mengganjal Giroud di dalam kotak penalti yang berujung gol Eden Hazard lewat titik putih. Sampai akhirnya Hazard membuat gol keduanya lewat tendangan voli kaki kiri tanpa pengawalan.


Legenda Arsenal, Lee Dixon pun berbicara soal ini. Menurutnya, permasalahan di lini belakang Arsenal tak akan bisa diselesaikan dengan satu orang pemain.

"Saya katakan kepada Anda, Anda bisa menaruh Van Dijk di back four Arsenal saat ini, cara tim diatur tanpa bola, dia tak akan memberi perbedaan besar," ujar Dixon kepada BBC Radio Show 5 Live seperti dilansir Sportskeeda.

"Mengubahnya adalah soal mentalitas. Mereka tidak bagus saat tanpa bola selama bertahun-tahun," tambah dia.

"Itu membutuhkan lebih dari satu pemain, lebih dari lima menit. Butuh kerja keras dan usaha yang besar pada sesi latihan."

"Dia harus diberikan waktu untuk melakukan itu, tapi dia juga membutuhkan pemain-pemain berkualitas untuk merealiasasikannya. Tak masalah berkata 'Anda bisa menghafal satu orang ...'. Semuanya butuh waktu," jelas Dixon.



Simak Juga "Karena Melawan Chelsea Bukan Hanya tentang Hazard":

[Gambas:Video 20detik]

(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com