sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 13:30 WIB

Stephanie Frappart dan Deretan Wasit Perempuan di Sepakbola Pria

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Stephanie Frappart  akan memimpin Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea (Damien MEYER / AFP) Stephanie Frappart akan memimpin Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea (Damien MEYER / AFP)
FOKUS BERITA Liverpool vs Chelsea
Jakarta - Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea bakal dipimpin wasit perempuan. Berikut deretan kaum hawa yang memimpin pertandingan level top sepakbola pria.

Stephanie Frappart akan memimpin duel Liverpool vs Chesea di Piala Super Eropa 2019, Kamis (15/8/2019). Hal ini menjadi momen bersejarah sebab untuk pertama kalinya kaum perempuan menjadi wasit kompetisi pria di level Eropa.

Wasit asal Perancis berusia 35 tahunn itu bakal didampingi oleh Manuela Nicolosi, juga dari Perancis, dan Michelle O'Neal asal Republik Irlandia.



Frappart bukanlah wasit perempuan pertama yang memimpin laga sepakbola pria. Di era yang menjunjung tinggi kesetaraan gender ini, kaum hawa sudah ditunjuk menjadi wasit pertandingan utama sepakbola kaum adam pada beberapa kesempatan.

Berikut daftar wasit-wasit perempuan yang pernah menjadi pengadil di lapangan pertandingan bergengsi sepakbola pria.

1. Sian Massey-Elis

Stephanie Frappart dan Deretean Wasit Perempuan di Ajang Sepakbola PriaFoto: Ian Walton/Getty Images


Massey-Elis menjadi asisten wasit di pertandingan Premier League sejak tahun 2010. Laga pertamanya menjadi pengadil lapangan terjadi kala Blackpool menang 2-0 atas Sunderland di Liga Inggris 2010. Selanjutnya ia kerap berada di lapangan pertandingan kompetisi top Inggris.

2. Bibiana Steinhuis

Stephanie Frappart dan Deretean Wasit Perempuan di Ajang Sepakbola PriaFoto: Maja Hitij/Getty Images


Wasit asal Jerman ini menjadi pengadil di lapangan di kompetisi utama Bundesliga. Steinhus menjalani debut memimpin pertandingan Bundesliga sejak 2017. Kala itu ia memimpin partai Herta Berlin vs Werder Bremen.

3. Dorsaf Ganouati

Dorsaf Ganouati menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit di liga tertinggi sepakbola pria Tunisia. Wasit berusia 33 tahun itu menjadi pemimpin pertandingan antara L'Espérance sportive de Tunis vs Club athlétique bizertin pada Juni 2019.

4. Yoshimi Yamashita

Stephanie Frappart dan Deretean Wasit Perempuan di Ajang Sepakbola PriaFoto: Elsa/Getty Images


Wasit asal Jepang, Yoshimi Yamashita, menjadi wasit laga sepakbola pria level Asia pada Mei 2019. Kala itu ia menjadi wasit Piala AFC antara klub Myanmar Yangon United melawan Naga World dari Kamboja. Di pertandingan tersebut Yamashita didampingi oleh dua asisten wasit perempuan asal Negeri Sakura, Makoto Bozono dan Naomi Teshigori.

Simak Video "Klopp yang 'Sudah Mapan' Vs Lampard yang 'Masih Hijau'"
[Gambas:Video 20detik]
(din/cas)
FOKUS BERITA Liverpool vs Chelsea
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED