sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 30 Agu 2019 19:22 WIB

Van Dijk Sudah Jadi yang Terbaik di Eropa, Selanjutnya Ballon d'Or?

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
1 Van Dijk Penerus Cannavaro?
Halaman 2 dari 2
Virgil van Dijk punya peran besar dalam sukses Liverpool di Liga Champions musim lalu (Phil Noble / Reuters)

[Gambas:Opta]

Bagi Pique, seorang pemain bertahan mampu merebut gelar pemain terbaik adalah hal yang luar biasa. Menurutnya, sepakbola kini lebih banyak bermain menyerang, sehingga tuntutan kepada pemain bertahan menjadi semakin besar.

"Bagi para kiper dan pemain bek tentu lebih sulit. Ketika mereka melakukan hal-hal baik, akan sangat sulit bagi orang-orang untuk mengingatnya. Sebaliknya jika mereka melakukan kesalahan, maka pemain-pemain tersebut yang akan disalahkan. Jadi hal yang normal bila seorang striker yang lebih sering meraih pengharagaan itu," ucap Pique.

Selama 10 tahun terakhir, trofi Ballon d'Or selalu menjadi rebutan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, kecuali di tahun 2018 ketika Luka Modric yang meraih gelar tersebut. Baik Ronaldo dan Messi sudah meraih 5 trofi Bola Emas sepanjang kariernya.



Apabila van Dijk berhasil merengkuh trofi Ballon d'Or tahun ini, ia akan menjadi pemain bertahan pertama meraih penghargaan itu sejak tahun 2006. Fabio Cannavaro adalah pemain bek terakhir yang mampu meraih trofi Bola Emas tersebut.

(din/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com