sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 27 Nov 2019 05:06 WIB

Bungkam Atletico 1-0, Juventus Lolos sebagai Juara Grup

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Juventus taklukkan Atletico Madrid 1-0. (Foto: Marco Bertorello / AFP)
Jakarta - Juventus memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup D. Menjamu Atletico Madrid, Bianconeri menang tipis 1-0.

Menghadapi Atletico di Allianz Stadium, Rabu (27/11/2019) dini hari WIB pada matchday V Liga Champions, Juventus sudah dipastikan lolos. Sementara tim tamu butuh kemenangan untuk mengunci tiket ke babak 16 besar.

Juventus tampil dominan sejak selepas sepak mula. Tapi gol baru didapatkan di penghujung babak pertama dari situasi bola mati.

Paulo Dybala mengeksekusi tendangan bebas dari sudut sangat sempit, dari sisi kanan di tepi gawang, dan meluncur masuk. Itu jadi satu-satunya gol di pertandingan ini.

Kemenangan ini memastikan Juventus lolos sebagai juara Grup D dengan 13 poin dari lima laga. Sementara Atletico tertahan di posisi dua dengan tujuh poin dan belum mengamankan tiket babak selanjutnya.

Bayer Leverkusen menjaga kans lolos setelah menang 2-0 atas Lokomotiv Moskow. Leverkusen ada di urutan tiga dengan enam poin, tiga poin di depan Lokomotiv.


Jalannya Pertandingan

Thomas Partey melakukan tusukan dari tengah di menit keenam dan melepaskan percobaan ambisius. Bola membentur Matthijs De Ligt.

Juventus merespons lewat aksi individu Paulo Dybala tiga menit berselang. Ia bergerak memotong ke tengah dan melepaskan sepakan melengkung. Jan Oblak sigap menghalaunya.

Dari sepak pojok, Atletico mengancam Juventus pada menit ke-13. Bola sapuan Leonardo Bonucci jatuh di depan kotak penalti dan disambar Thomas. Sepakannya meluncur ke atas gawang.

Peluang lain untuk Atletico di menit ke-21, ketika Renan Lodi mengirim umpan silang dari kiri. Bola mengarah ke Saul Niguez yang berdiri bebas di tengah kotak penalti, tapi sundulannya melambung.

Sepakan mendatar Saul tiga menit kemudian dengan sigap ditahan Wojciech Szczesny, tapi bola terlepas. Alvaro Morata berupaya menyambar namun Szczesny lebih dulu mengamankannya.

Juventus mendapatkan tendangan bebas di kiri pada menit ke-34. Cristiano Ronaldo mengambilnya dan menyodorkan bola ke Miralem Pjanic di tepi kotak penalti. Pjanic coba menembak akan tetapi melenceng.

GOL! Juventus memimpin di masa injury time babak pertama. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan dekat garis tepi gawang, Paulo Dybala maju sebagai eksekutor dan melepaskan tembakan keras yang tak kuasa dihentikan Oblak. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Juventus.

[Gambas:Opta]

Atletico mencoba meningkatkan intensitas di babak kedua. Umpan sepak pojok Trippier mengarah ke Saul dan disambut sepakan setengah voli dari Saul. Upayanya masih mudah dihentikan Szczesny.

Agresivitas Atletico mulai merepotkan Juventus. Joao Felix mendapatkan peluang di menit ke-62, namun sepakannya masih melebar.

Juventus balas mengancam melalui Federico Bernardeschi lima menit kemudian. Merangsek dari kanan, Bernardeschi melepaskan tembakan mendatar yang cuma menghantam tiang gawang.

Sebuah umpan silang dari Angel Correa coba diselesaikan Alvaro Morata dengan sundulan. Bola melambung jauh dari sasaran.

Atletico membangun serangan di menit ke-84 dan Felix mengirimkan umpan terobosan ke Saul di sisi kanan. Dalam posisi bebas, ia mencoba melepaskan sepakan tapi De Ligt menyerobot bola di momen terakhir.

Atletico terus berupaya menembus pertahanan Juventus, namun kesulitan menciptakan peluang bersih. Thomas Lemar melakukan percobaan dari luar kotak penalti di menit ke-93 yang berakhir melambung.

Tak lama kemudian, Atletico membuang kans bagus untuk menyamakan skor. Morata dalam posisi bebas di depan gawang untuk mencocor bola umpan silang, tapi gagal menyonteknya.

Skor 1-0 bertahan sampai peluit panjang berbunyi.


Susunan pemain:

Juventus: Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Mattia De Sciglio; Rodrigo Bentancur (Sami Khedira 86'), Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Aaron Ramsey (Federico Bernardeschi 63'); Paulo Dybala (Gonzalo Higuain 76'), Cristiano Ronaldo

Atletico: Jan Oblak; Kieran Trippier, Felipe, Mario Hermoso, Renan Lodi (Thomas Lemar 64'); Koke, Hector Herrera (Angel Correa 60'), Thomas Partey, Saul Niguez; Alvaro Morata, Vitolo (Joao Felix 54')

Simak Video "Taklukkan Genoa, Juventus Kokoh Berada di Puncak Klasemen Serie A"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com