sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 11 Des 2019 02:52 WIB

Tundukkan Salzburg, Liverpool ke 16 Besar Sebagai Juara Grup E

Putra Rusdi K - detikSport
Liverpool kalahkan Red Bull Salzburg 2-0 (Foto: Michael Regan/Getty Images)
Salzburg - Liverpool berhasil mengalahkan Red Bull Salzburg 2-0 di Liga Champions. Hasil ini membuat The Reds memastikan lolos ke fase gugur sebagai pemuncak Grup E.

Berlaga di Red Bull Arena, Salzburg, pada matchday terakhir Grup E, Rabu (11/12/2019) dini hari WIB, baik Salzburg maupun Liverpool sama-sama tampil terbuka. Hal ini membuat laga berlangsung menarik dengan saling bertukar serangan.

Salzburg dan Liverpool sama-sama mampu melepas tujuh tembakan sepanjang 90 menit. Namun Si Merah lebih efektif dalam memanfaatkan peluang dengan berhasil mencetak dua gol.

[Gambas:Opta]



Gol tim tamu diciptakan oleh Naby Keita dan Mohamed Salah di babak kedua. Kemenangan ini membuat Liverpool memastikan melaju ke 16 besar sebagai juara Grup E.

Liverpool mengumpulkan 13 angka di grup ini. Mereka unggul satu poin dari Napoli yang di laga lain menang 4-0 atas Genk.

Sementara untuk Salzburg, kekalahan ini membuat mereka tertahan di urutan ketiga usai mengumpulkan tujuh poin. Meski tersingkir dari Liga Champions, mereka masih berhak berlaga di Liga Europa.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan RB Salzburg Vs Liverpool

Salzburg yang membutuhkan kemenangan untuk melaju ke fase gugur langsung tampil menyerang. Enock Mwepu mencoba mengancam gawang Liverpool lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-3.

Namun arah bola tembakannya masih tepat dipelukan Alisson Becker. The Reds berusaha merespon dua menit berselang.

Umpan panjang Dejan Lovren menemui Mohamed Salah. Dengan kecepatannya, pemain asal Mesir ini menuju ke kotak penalti Salzburg.

Ia lalu melepas sepakan mendatar. Usahanya ini mampu digagalkan dengan gemilang oleh Cican Stankovic.

Jual beli serangan terjadi di 10 menit awal laga. Salzburg hampir saja memecah kebuntuan di menit ke-7.

Hwang Hee-Chan menusuk dari sisi kanan lalu melepas tembakan. Alisson dengan gemilang meredam upaya pemain dari Korea Selatan ini.

Namun ancaman belum berakhir karena bola muntah menuju ke Takumi Minamino. Alisson kembali menjadi penyelamat Liverpool usai dengan cepat menutup ruang tembak Minamino.

Memasuki pertengahan babak pertama, tempo tinggi yang dikembangkan kedua tim sama sekali mengendur. Pada menit ke-20, Sadio Mane memiliki peluang berbahaya.

Punya ruang di kotak penalti, Mane berusaha melepas sepakan terukur. Stankovic unjuk gigi dengan mampu menepis bola.

Liverpool mulai menurunkan ritme permainan di 10 menit terakhir laga babak pertama. Hal ini mampu meredam agresivitas Salzburg. Skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Selepas jeda, Liverpool membuka peluang terlebih dahulu di menit ke-48. Umpan terobosan Mane menemui Salah di kotak penalti. Namun sontekan masih melambung.

Salzburg tak tinggal diam, serangan cepat mereka di menit ke-53 membuat Erling Haaland berada dalam posisi yang tak terkawal. Hanya saja, tembakan mendatarnya melebar tipis dari gawang Alisson.

Kebuntuan di laga ini berakhir di menit ke-57 setelah Naby Keita mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini bermula dari tusukan Mane ke kotak penalti Salzburg.

Stankovic memutuskan keluar dari sarangnya untuk menutup aksi Mane ini. Namun pemain asal Senegal ini masih sempat memberi umpan silang yang sukses disundul Keita menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Gol Keita tampaknya mambuat konsentrasi pemain Salzburg sedikit terganggu. Satu menit berselang, Jerome Onguene membuat kesalahan fatal.

Umpan backpassnya kepada Stankovic mampu diserobot oleh Salah. Dari sudut sempit, ia melakukan tembakan yang membuat Liverpool unggul 2-0.

Unggul dua gol, Liverpool tak mengurangi tekanan mereka. Di menit ke 78, Salah berpeluang mencetak gol keduanya di laga ini.

Kecepatan Salah tak mampu dibendung oleh Onguene. Ia lalu melepas tembakan, tapi Stankovic masih mampu mementahkannya.

Di sisa waktu pertandingan tak ada gol yang tercipta. Skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool bertahan hingga 90 menit berakhir.

Susunan Pemain RB Slazburg Vs Liverpool

RB Salzburg: Cican Stankovic; Rasmus Kristensen, Jerome Onguene, Maximilian Wober, Andreas Ulmer; Dominik Szoboszlai (Majeed Ashimeru 90'), Zlatko Junuzovic (Patson Daka 68'), Enock Mwepu; Takumi Minamino; Hwang Hee-Chan, Erling Haaland (Masaya Okugawa 75').

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren (Joe Gomez 53'), Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Naby Keita (Divock Origi 87'); Mohamed Salah, Roberto Firmino (James Milner 75'), Sadio Mane.



(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com