sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Des 2019 02:55 WIB

Menang 4-1, Manchester City Kubur Mimpi Dinamo Zagreb ke 16 Besar

Putra Rusdi K - detikSport
Manchester City menang 4-1 atas Dinamo Zagreb (Foto: Dan Mullan/Getty Images
Zagreb - Manchester City meraih kemenangan 4-1 di kandang Dinamo Zagreb. Hasil ini membuat tuan rumah harus mengubur mimpi ke 16 besar.

Berlaga di Maksimir Stadium, Zagreb pada matchday terakhir Grup C Liga Champions, Kamis (12/12/2019) dini hari WIB, City tampil dominan sepanjang 90 menit dengan penguasaan bola sebesar 75 persen.

Meski begitu, The Citizens justru tertinggal lebih dulu di menit ke-10 lewat torehan Dani Olmo. Mereka kemudian bangkit untuk menggelontorkan empat gol berkat hat-trick Gabriel Jesus dan serta tambahan satu gol dari Phil Foden.

[Gambas:Opta]

Kemenangan 4-1 membuat City kukuh di puncak klasemen Grup C dengan 14 poin. Sedangkan bagi Zagreb, hasil ini membuat mereka harus mengubur mimpi ke fase gugur karena menempati posisi juru kunci dengan lima angka.

City melaju ke 16 besar ditemani oleh Atalanta. La Dea menjadi runner-up Grup C berkat torehan tujuh poin usai menang 3-0 di kandang Shakhtar Donetsk.


Jalannya Pertandingan Dinamo Zagreb Vs Manchester City

City yang sudah memastikan lolos ke 16 besar melalukan rotasi di beberapa posisi. Pep Guardiola memberi kesempatan Eric Garcia, Phil Foden dan Claudio Bravoi bermain sejak menit pertama. Kondisi The Citizens yang tampil tidak dengan skuat terbaik mampu dimanfaatkan oleh Zagreb.

Zagreb sudah mampu unggul ketika laga baru berjalan 10 menit. Umpan silang Damian Kadzior dari sisi kiri mampu disambar oleh Dani Olmo dengan tendangan voli.

Sepakan pemain asal Spanyol ini meluncur deras ke gawang Bravo. Skor 1-0 untuk Zagreb.

Tertinggal, City berupaya untuk menguasai jalannya laga. Mereka perlahan mendominasi penguasaan bola.

Meski begitu, Menchester Biru sempat kesulitan menembus lini pertahanan Zagreb. Di menit ke-16, Ilkay Guendogan melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Upayanya ini masih mampi diamankan oleh Daniel Livakovic.

City akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-34. Gabriel Jesus mampu membobol gawang Zagreb lewat sundulan usai memanfaatkan umpan silang Riyad Mahrez dari sisi kanan.

Sempat terjadi ketegangan usai gol ini. Kapten Zagreb, Arijan Ademi geram karena Jesus mencatatkan namanya di papan skor saat salah seorang pemain tuan rumah tergeletak akibat cedera.

City melanjutkan dominasi mereka di 10 menit terakhir babak pertama. Namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga turun minum. sehingga skor tetap 1-1.

Lima menit selepas jeda, Jesus kembali menjadi mimpi buruk bagi Zagreb. Kerja samanya dengan Foden mampu membongkar lini belakang lawan.

Pemain asal Brasil ini sempat mengecoh Emir Dilaver sebelum mencatatkan namanya di papan skor. City berbalik unggul 2-1.

Pada menit ke-54, Jesus mencatatkan hat-trick di laga ini. Gol ini bermula dari umpan pendek apik Foden dengan Benjamin Mendy di sisi kiri.

Mendy lalu melepas umpan ke depan gawang Livakovic. Jesus mampu menyambarnya dan mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Guardiola memutuskan menarik keluar Jesus usai mengemas hat-trick. Ia digantikan oleh Oleksandr Zinchenko.

Manajer asal Spanyol tersebut tampaknya lebih fokus untuk mengamankan kemenangan. The Citizens sedikit kehilangan ketajaman dengan tak adanya Jesus.

Namun kendali laga masih tetap dipegang City. Mereka menambah satu gol enam menit jelang laga tuntas lewat Foden.

Sodoran bola Guendogan menemui Bernardo Silva yang menusuk ke kotak penalti. Pemain asal Portugal ini lalu melepas umpan tarik yang diteruskan Foden menjadi gol.

Skor 4-1 untuk City menutup laga di Maksimir Stadium.

Susunan Pemain Dinamo Zagreb Vs Manchester City

Dinamo Zagreb: Dominik Livakovic; Petar Stojanovic, Arijan Ademi, Emir Dilaver, Francois Moubandje; Amer Golak (Lovro Majer 81'), Nikola Moro, Dani Olmo; Damian Kadzior (Marko Gjira 59'), Bruno Petkovic, Mislav Orsic (Izet Hajrovic 81') .

Manchester City: Claudio Bravo; Joao Cancelo, Eric Garcia, Nicolas Otamendi (Taylor Harwood-Bellis 82'), Benjamin Mendy; Phil Foden, Rodrigo (Sterling 73'), Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus (Oleksandr Zinchenko 66'), Bernardo Silva.



Simak Video "Jesus Menangkan Man City atas Leicester"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com