sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 14:01 WIB

Haaland Jempolan, Giovanni Reyna Juga Tebar Pesona

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Dortmunds Giovanni Reyna, right, embraces Dortmunds Erling Braut Haaland after the Champions League round of 16 first leg soccer match between Borussia Dortmund and Paris Saint Germain in Dortmund, Germany, Tuesday, Feb. 18, 2020. Reyna is the youngest American ever playing in Champions League. (AP Photo/Martin Meissner) Gio Reyna memberikan assist untuk gol kedua Erling Haaland (Martin Meissner/AP Photo)
Dortmund -

Tak cuma Erling Haaland yang memesona saat Borussia Dortmund mengalahkan Paris Saint-Germain.Tapi, ada juga Giovanni Reyna yang bikin rekor.

Pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Signal-Iduna Park, Rabu (19/2/2020) dini hari WIB, Dortmund dan PSG bermain imbang tanpa gol.

Kebuntuan pecah di menit ke-63 saat Dortmund unggul duluan lewat Haaland. PSG menyamakan skor lewat Neymar pada menit ke-75, sebelum tembakan gledek Haaland semenit setelahnya membuat Dortmund memimpin 2-1.

Haaland pun jadi headline di banyak surat kabar berkat aksinya itu. Meski demikian, ada satu pemain Dortmund yang luput dari pemberitaan tapi punya peran penting dalam kemenangan.



Dia adalah Giovanni Reyna atau biasa disapa Gio Reyna. Pemain asal Amerika Serikat itu memberikan assist untuk gol kedua Haaland.

Gio Reyna jadi pemain Amerika Serikat termuda yang tampil di Liga Champions pada umur 17 tahun 3 bulan dan 5 hari, melewati rekor Gedion Zelalem yang bermain untuk Arsenal di usia 17 tahun 317 hari

Selain itu, Gio Reyna jadi pemain AS termuda yang membuat assist di Liga Champions, mengalahkan rekor Christian Pulisic yang membuat assist saat Dortmund mengalahkan Legia Warsawa 6-0 tahun 2016 di usia 18 tahun.

Gio Reyna mengikuti jejak ayahnya, Claudio Reyna, yang juga pernah tampil di kompetisi ini bersama Glasgow Rangers sebanyak delapan pertandingan.



"Pikiran saya campur aduk saat ini. Melakoni debut Liga Champions menghadapi Paris itu bak mimpi jadi kenyataan. Lebih manis lagi dengan assist ini," ujar Gio Reyna seperti dikutip ESPN.

"Kami tahu Paris itu tim yang bagus. Dan hasil adalah yang terpenting. Cara kami bermain sebagai tim begitu impresif. Etos kerja dan kemauan keras kami untuk menang terlihat malam ini," lanjutnya.

Gio Reyna sebenarnya baru dipromosikan ke tim utama Januari lalu dan melakoni debut senior saat menghadapi Augsburg 18 Januari.

Kemungkinan besar pemain kelahiran 2002 itu akan turun sebagai starter saat Dortmund bertemu Werder Bremen akhir pekan ini.



Simak Video "Trio MSG Jadi Mimpi Buruk Dortmund"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com