sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 09:45 WIB

Sir Alex, Wenger, Ancelotti, lalu... Mourinho

Kris Fathoni W - detikSport
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 19: Jose Mourinho, Manager of Tottenham Hotspur  during the UEFA Champions League round of 16 first leg match between Tottenham Hotspur and RB Leipzig at Tottenham Hotspur Stadium on February 19, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Sir Alex, Wenger, Ancelotti, lalu... Mourinho. (Foto: Jose Mourinho/Getty Images)
Jakarta -

Tak cuma hasil dan catatan buruk yang ditorehkan Jose Mourinho usai duel Tottenham Hotspur Vs RB Leipzig. Ada pula torehan positif di jajaran manajer top.

Tottenham yang ditangani Mourinho harus mengakui keunggulan tim tamu Leipzig dalam partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (20/2) dini hari WIB. Tuan rumah takluk 0-1.

Dirangkum dari sejumlah sumber, hasil itu menambah deretan hasil tak oke Mourinho di pentas Liga Champions beberapa tahun terakhir -- sekalipun ia sudah menjuarai ajang itu bersama dua tim berbeda.

Sebut saja catatan bahwa manajer berusia 57 tahun itu sudah 7 kali beruntun gagal meraih kemenangan di fase gugur ajang Liga Champions. Kali terakhir Mourinho menang di fase tersebut adalah atas PSG, saat masih menangani Chelsea pada April 2014.

Rentetan buruk itu pula yang membuat Mourinho belum pernah lagi bisa membawa timnya menembus perempatfinal dalam beberapa tahun terakhir. Kali terakhir ia membawa timnya menembus delapan besar adalah bersama Chelsea musim 2013/2014.

Selain itu Mourinho juga melanjutkan rentetan buruk lainnya dalam hal kegagalan meraih kemenangan dalam partai leg pertama fase gugur Liga Champions, sejak kali terakhir melakukannya pada 3 April 2013.

Semenjak itu Mourinho belum pernah lagi bisa membawa timnya meraih kemenangan saat memainkan leg pertama fase knock out di Liga Champions, dimulai dari Real Madrid, Chelsea, Manchester United, dan kini Tottenham Hotspur.

Namun, di balik hasil-hasil buruk itu, Mourinho masih menorehkan catatan positif di pentas Liga Champions, sebagaimana dilansir oleh BBC.

"Mourinho menjadi manajer keempat yang menjalani 150 laga Liga Champions setelah Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, dan Carlo Ancelotti. Bahkan ketimbang Mourinho (81), cuma Ancelotti (84) yang menang lebih banyak dalam 150 laga awalnya di ajang itu."

"Tottenham adalah tim keenam yang sudah ditangani Jose Mourinho di fase gugur Liga Champions, jumlah tim terbanyak yang pernah ditangani satu manajer di fase ini setara dengan Ancelotti (FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan Spurs)," sebut BBC.



Simak Video "Liga Champions Kabarnya Mulai Bergulir Lagi Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com