sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Apr 2020 02:00 WIB

Klub yang ke Liga Champions Diputuskan Federasi Jika Liga Berhenti

Putra Rusdi K - detikSport
NYON, SWITZERLAND - JULY 18:  The UEFA logo is seen on the UEFA Champions League trophy as it is prepared for the UEFA 2014/15 Champions League third qualifying rounds draw at the UEFA headquarters, The House of European Football, on July 18, 2014 in Nyon, Switzerland.  (Photo by Harold Cunningham/Getty Images for UEFA) UEFA mendesak agar liga musim ini dituntaskan demi tiket penentuan tiket ke kompetisi Eropa (Foto: Getty Images Sport/Harold Cunningham)
Nyon -

UEFA mendesak liga dituntaskan agar jatah ke kompetisi Eropa ditentukan seperti biasanya. Jika itu tak bisa dilakukan, federasi diminta memilih klub yang layak.

Komite Eksekutif UEFA mengadakan rapat via teleconference, Kamis (23/4/2020). Rapat itu salah satunya membahas mengenai nasib liga-liga Eropa serta kompetisi antarklub UEFA (Liga Champions dan Liga Champions), yang kini tengah ditangguhkan akibat Virus Corona.

Usai rapat tersebut, UEFA mendesak kompetisi liga musim ini harus dituntaskan. Hal itu juga berkaitan mengenai jatah tiket ke kompetisi Eropa musim depan.

UEFA berharap jatah tiket ke kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa 2020/2021 bisa tentukan secara normal. Itu artinya dengan menilik dari peringkat klub di liga atau raihan di turnamen domestik saat kompetisi berakhir.

Meski begitu, UEFA sudah punya opsi lain, andai ada liga yang tak memungkinkan untuk dilanjutkan. Mereka akan meminta Federasi dari liga yang bersangkutan untuk memilih klub yang berhak berlaga di kompetisi Eropa.

UEFA memberikan kebebasan kepada federasi mengenai penunjukan tersebut. Namun, aspek prestasi klub di musim ini tetap harus dikedepankan oleh federasi dalam mengambil keputusan.

"Pedoman kami klub yang lolos ke kompetisi UEFA selalu berdasarkan pencapaian mereka dalam sudut pandang olahraga."

"UEFA akan mendesak federasi dan pihak liga mencari segala opsi supaya kompetisi divisi teratas bisa kembali bergulir. Ini agar tiket menuju kompetisi Eropa bisa ditentukan seperti biasanya oleh mereka," bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

Klub pilihan pihak federasi ini nantinya tak langsung dipastikan mendapat tiket ke kompetisi Eropa. UEFA tetap akan melakukan evaluasi dan berhak menolak klub yang diajukan federasi.



Simak Video "Terkait Corona, Liga Champions Pekan Depan Ditiadakan"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com