sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Jun 2020 20:50 WIB

UEFA Putuskan Bursa Transfer Musim Panas Tuntas 5 Oktober

Mohammad Resha Pratama - detikSport
WOLVERHAMPTON, ENGLAND - NOVEMBER 07: The UEFA Respect logo on a barrier prior to the UEFA Europa League group K match between Wolverhampton Wanderers and Slovan Bratislava at Molineux on November 07, 2019 in Wolverhampton, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) UEFA perpanjang deadline bursa transfer musim panas hingga 5 Oktober (Catherine Ivill/Getty Images)
Nyon -

Bursa transfer musim panas 2020 resmi diperpanjang. UEFA menargetkan transaksi jual-beli pemain selesai 5 Oktober.

Menyusul pandemi virus corona, liga-liga Eropa berhenti selama tiga bulan sebelum dimulai Bundesliga pertengahan Mei lalu, yang disusul LaLiga, Premier League, dan Serie A. Cuma Ligue 1 dan Eredivisie Belanda sudah diberhentikan.

Oleh karenanya, kompetisi Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa harus mundur, hingga dimulai lagi 7 Agustus. Dengan demikian, maka bisa dipastikan seluruh kompetisi 2019/2020 akan tuntas sekitar akhir Agustus.

Sementara itu musim baru paling cepat bisa dimulai pertengahan September. Dengan masih adanya tim-tim yang bermain di Eropa, maka klub-klub tidak bisa leluasa melakukan jual-beli pemain.



Biasanya bursa transfer musim panas ditutup sekitar 1-2 September. Tapi, karena kondisi saat ini, UEFA akhirnya memperpanjang tenggat transfer musim panas sampai 5 Oktober.

Sebab, sehari setelahnya UEFA mewajibkan klub-klub mendaftarkan para pemainnya untuk kompetisi Eropa 2020/2021. Tak cuma itu, audit keuangan yang biasa dilakukan per tahunnya akan ditunda untuk kali ini dan dilanjutkan tahun depan.

"Tenggat pendaftaran pemain untuk fase grup kompetisi Eropa 2020/2021 dimulai pada 6 Oktober 2020," ujar pernyataan resmi UEFA.

"Oleh karenanya, komite eksekutif UEFA meminta semua anggota asosiasi untuk menyamakan tanggal penutupan bursa transfer musim panas mendatang menjadi 5 Oktober 2020."



Simak Video "Chelsea Vs Norwich: The Blues Menang 1-0"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com