sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 15 Agu 2020 07:00 WIB

10 Data dan Fakta Usai Bayern Hancurkan Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 14: Philippe Coutinho of FC Bayern Munich scores his teams eighth goal past Marc-Andre ter Stegen of FC Barcelona during the UEFA Champions League Quarter Final match between Barcelona and Bayern Munich at Estadio do Sport Lisboa e Benfica on August 14, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Manu Fernandez/Pool via Getty Images) Bayern Munich mempermalukan Barcelona 8-2 di perempatfinal Liga Champions (Foto: Manu Fernandez/Pool via Getty Images)
Jakarta -

Bayern Munich lolos ke semifinal Liga Champions usai membukukan kemenangan besar atas Barcelona. Berikut ini adalah data dan fakta duel Barcelona vs Bayern.

Pertandingan Barcelona vs Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions digelar di Estadio Da Luz, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. Bayern mempermalukan Barcelona dengan skor telak 8-2.

Bayern sudah unggul 4-1 di babak pertama. Dua gol dari Thomas Mueller dan masing-masing satu gol Ivan Perisic dan Serge Gnabry hanya dibalas oleh gol bunuh diri David Alaba.

Di paruh kedua, Barcelona sempat menipiskan ketertinggalan usai Luis Suarez bikin gol di menit ke-57. Namun, Bayern mampu menambah empat gol lagi lewat Joshua Kimmich, Robert Lewandowski, dan Phlippe Coutinho (dua gol).

Hasil ini mengantar Bayern lolos ke semifinal Liga Champions dengan mantap. Di babak semifinal, Die Roten akan menghadapi pemenang dari laga perempatfinal antara Manchester City dan Lyon.

Sementara bagi Barcelona, kekalahan ini jadi rekor memalukan. Terakhir kali mereka kalah dengan kebobolan delapan gol adalah saat takluk 0-8 dari Sevilla di babak 16 besar Copa del Rey pada 1946 atau 74 tahun yang lalu.

Berikut adalah data dan fakta dari duel Barcelona vs Bayern seperti dirangkum dari BBC dan situs resmi UEFA:

- Bayern Munich mencapai semifinal Liga Champions untuk yang ke-12 kalinya. Hanya Real Madrid yang punya catatan lebih baik (13).

- Striker Bayern Robert Lewandowski menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam delapan pertandingan beruntun atau lebih di Liga Champions setelah Cristiano Ronaldo pada April 2018 (11 laga).

- Barcelona tersingkir di perempatfinal Liga Champions untuk keempat kalinya dalam lima musim terakhir.

- Bayern Munich sudah memenangi 19 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, sebuah rekor di divisi teratas Jerman di semua kompetisi.

- Pelatih Bayern Hans-Dieter Flick menjadi pelatih ketiga dalam sejarah Liga Champions yang memenangi enam pertandingan perdananya, setelah Fabio Capello pada 1992-1993 dan Luis Fernandez pada 1994-1995.

- Barcelona sudah enam kali kalah dari Bayern Munich di Liga Champions, dua lebih banyak daripada melawan tim lain.

- Bayern mencetak delapan gol dalam sebuah pertandingan Liga Champions untuk pertama kalinya.

- Ini adalah kali pertama Barcelona kebobolan enam gol atau lebih dalam pertandingan di kompetisi Eropa, dan pertama kali pula mereka kebobolan empat gol di babak pertama pertandingan Liga Champions.

- Ini adalah yang tercepat di mana sebuah tim mencetak empat gol dalam pertandingan knockout Liga Champions (31 menit). Bayern mematahkan rekornya sendiri yakni 36 menit, yang dibuat saat melawan Porto pada leg kedua perempatfinal 2014/2015.

- Thomas Mueller sudah mencetak enam gol dalam lima kali penampilan melawan Barcelona di Liga Champions, paling banyak di antara pemain lainnya.

(nds/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com