sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 22 Agu 2020 08:20 WIB

Lopetegui Dedikasikan Gelar Liga Europa untuk Pilar Sevilla di Surga

Putra Rusdi K - detikSport
SEVILLE, SPAIN - SEPTEMBER 15: Jose Antonio Reyes of Sevilla FC holds the ball during the UEFA Champions League Group D match between Sevilla FC and VfL Borussia Monchengladbach at Estadio Ramon Sanchez Pizjuan on September 15, 2015 in Seville, Spain.  (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Julen Lopetegui mendedikasikan trofi Liga Europa salah satunya untuk Jose Antonio Reyes (Foto: Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno)
Cologne -

Pelatih Sevilla, Julen Lopetegui, mendedikasikan gelar Liga Europa salah satunya untuk Jose Antonio Reyes dan Antonio Puerta. Keduanya sudah meninggal dunia.

Sevilla berhasil meraih gelar Liga Europa 2019/2020. Kepastian tersebut mereka dapat usai mengalahkan Inter di babak 3-2 laga final di RheinEnergieStadion, Cologne, Jerman, Sabtu (22/8/2020) dini hari WIB.

Laga final ini berlangsung sengit dengan terjadi saling balas gol sehingga babak pertama berakhir imbang 2-2. Dua gol Sevilla tercipta dari brace Luuk de Jong.

Sementara, Nerazzurri membalas lewat penalti Romelu Lukaku dan Diego Godin. Diego Carlos kemudian menjadi pahlawan Los Palanganas berkat satu gol tambahannya di separuh kedua laga.

Trofi ini merupakan gelar Liga Europa keenam bagi Sevilla. Mereka tercatat sebagai tim dengan gelar terbanyak di ajang ini.

Lopetegui mempersembahkan trofi Liga Europa kali ini untuk para fans serta dua mantan penggawa Sevilla yang kini sudah di surga. Kedua penggawa tersebut adalah Jose Antonio Reyes dan Antonio Puerta.

"Ini merupakan kegembiraan besar bagi saya, seperti juga untuk semua fans Sevilla," kata Lopetegui dikutip dari Marca.

"Kami memiliki klub yang luar biasa, semua orang berkontribusi dan membantu kami. Ini untuk para fans yang tidak bisa pergi dan merayakan di jalanan kota karena pandemi."

"Saya meminta mereka semua untuk menjaga situasi, tapi mari kita rayakan sebisa kita. Kemenangan ini untuk mereka, untuk Puerta dan Reyes, dan untuk semua orang yang mencintai kita," tegas mantan pemain Real Madrid ini.

Reyes meninggal di usai 35 tahun dalam sebuah kecelakaan mobil pada Juni tahun lalu. Pemain yang sempat bermain di Arsenal ini merupakan produk asli Sevilla.

Serupa dengan Reyes, Puerta juga produk akademi tim asal Andalusia ini. Karier Puerta di Sevilla berakhir pada usia 22 karena dirinya meninggal usai mengalami serangan jantung di lapangan.

Puerta tutup usia pada 28 Agustus 2007. Ia meninggal tiga hari setelah sempat pingsan di lapangan dalam laga Sevilla kontra Getafe.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kalahkan Inter, Sevilla Juara Liga Europa"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com