sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 24 Agu 2020 17:40 WIB

4 Tim yang Pernah Treble di Era Liga Champions, MU yang Pertama

Lucas Aditya - detikSport
26 May 1999:  Teddy Sheringham of Manchester United heads goalwards during the UEFA Champions League Final against Bayern Munich at the Nou Camp in Barcelona, Spain. Sheringham scored the equaliser as United won 2-1.  Mandatory Credit: Ben Radford /Allsport Manchester United salah satu dari 4 tim peraih treble di era Liga Champions. (Foto: Ben Radford /Allsport)
Jakarta -

Ada 4 tim yang pernah meraih treble di era Liga Champions. Dari deretan tim itu, yang pertama meraihnya Manchester United.

Bayern Munich memastikan treble usai mengalahkan Paris Saint-Germain dalam final Liga Champions 2020. Di Estadio da Luz, Senin (24/8/2020) dini hari WIB.

Die Roten memetik kemenangan 1-0 atas Les Parisiens. Kingsley Coman yang menjadi penentu kemenangan tim asuhan HansiFlick itu dengan gol sundulannya di babak kedua.

Bayern sebelumnya sudah menggapai gelar Liga Jerman dan Piala Jerman. Tim Bavaria pun memenangi treble untuk kedua kalinya di era Liga Champions pada tahun 1992.

Sebelumnya, Bayern berhasil meraih treble di musim 2013 bersama Jupp Heynckes. Saat itu, Bayern mengalahkan Borussia Dortmund di final Liga Champions untuk melengkapi raihan gelar juara di Piala Jerman dan Liga Jerman.

Selain Bayern, ada 3 tim lain yang pernah mencatatkan treble di Liga Champions. MU menjadi tim pertama yang menggapainya di tahun 1999.

Setan Merah membukukan treble di musim 1998/1999 bersama Sir Alex Ferguson. MU menjadi juara Liga Inggris, Piala FA dan meraih treble dengan menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Bayern dengan comeback dramatis di menit-menit akhir pertandingan.

Barcelona tercatat menjadi tim Spanyol yang meraih treble di era Liga Champions. Dalam dua kesempatan Barca mencatatkan itu.

Raihan pertama digapai Barcelona bersama Pep Guardiola pada 2009. Setelah itu, Los Cules mencatatkan treble bersama Luis Enrique.

Satu tim lagi yang berhasil meraih treble di era Liga Champions ada Inter Milan. Nerazzurri menggapainya pada 2010, saat itu Jose Mourinho yang menjadi pelatihnya. Sampai saat ini, Inter masih menjadi satu-satunya klub Italia peraih treble.




(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com