sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 16:00 WIB

Tiga Musim Beruntun, Messi atau Ronaldo Bukan Pemain Terbaik UEFA

Kris Fathoni W - detikSport
Cristiano Ronaldo - Lionel Messi Tiga Musim Beruntun, Messi atau Ronaldo Bukan Pemain Terbaik UEFA. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Gelar Pemain Terbaik UEFA 2020 dipastikan tak jadi milik Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Maka sudah tiga musim salah satu dari mereka tak meraihnya.

Messi dan Ronaldo masih menjadi dua pemain terbaik dunia saat ini. Tapi menilik daftar pemenang Pemain Terbaik UEFA, masa-masa keemasan mereka berdua tampaknya mulai pudar.

Gelar Pemain Terbaik UEFA sendiri merupakan penghargaan yang diberikan untuk para pesepakbola yang merumput di klub Eropa, terlepas kebangsaan dari pemain tersebut, berkat kiprahnya di seluruh ajang sepanjang musim lalu baik di level domestik maupun internasional, bersama klub maupun timnas. UEFA Men's Player of the Year Award, demikian nama resminya.

Penghargaan itu sebelumnya juga dikenal dengan nama UEFA Best Player in Europe Award. Merujuk lebih jauh lagi, penghargaan ini pun menggantikan nama UEFA Club Footballer of the Year award yang sempat melekat kepadanya di periode 1997-2010.

Di era UEFA Best Player in Europe Award lalu UEFA Men's Player of the Year Award, alias 2011 sampai sekarang, Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang paling sering menyabet penghargaan tersebut sebanyak tiga kali. Ia juga dua kali jadi runner-up.

Lionel Messi menjadi pemain posisi kedua yang paling sering menyabet penghargaan tersebut, sebanyak dua kali. Ia pun pernah empat kali jadi runner-up.

Namun, koleksi mereka sudah tak bertambah dalam beberapa musim terakhir termasuk musim ini. Bahkan untuk penghargaan Pemain Terbaik UEFA 2020, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama sekali tidak masuk jadi finalis tiga besar. Ada Kevin De Bruyne, Robert Lewandowski, dan Manuel Neuer yang akan berebut gelar tersebut.

Sejak era UEFA Men's Player of the Year Award dan UEFA Best Player in Europe Award, baru kali ini pula tidak ada nama Messi atau Ronaldo di daftar finalis tiga besar.

Bahkan, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pun sudah tidak pernah meraih lagi penghargaan itu selama dua musim sebelumnya. Menghitung musim ini, sudah tiga musim gelar Pemain Terbaik UEFA tak jadi milik salah satu dari mereka.

Tahun lalu ada Virgil van Dijk yang menjadi Pemain Terbaik UEFA dengan 305 poin, mengungguli Messi (207) dan Ronaldo (74). Sebelum itu ada Luka Modric (313) yang meraihnya, mengalahkan Ronaldo (223) dan Mohamed Salah (134). Pemenang tahun ini sendiri akan dilakukan saat drawing Liga Champions 2020, Kamis (1/10) besok.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com