sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 02 Okt 2020 07:00 WIB

Head-to-head Juventus Vs Barcelona: Si Nyonya Tua Unggul Tipis

Mohammad Resha Pratama - detikSport
TURIN, ITALY - NOVEMBER 22: Lionel Messi of Barcelona and Sami Khedira of Juventus battle for possession during the UEFA Champions League group D match between Juventus and FC Barcelona at Allianz Stadium on November 22, 2017 in Turin, Italy.  (Photo by Michael Steele/Getty Images) Juventus bakal bertemu Barcelona di fase grup Liga Champions 2020/2021 )Getty Images/Michael Steele)
Jenewa -

Juventus akan berduel dengan Barcelona di fase grup Liga Champions 2020/2021. Secara rekor pertemuan keduanya terbilang ketat. Siapa yang unggul?

Dari hasil drawing Liga Champions yang dilakukan di markas besar UEFA di Nyon, Kamis (1/9/2020) malam WIB, Juventus sebagai tim unggulan pertama diundi masuk Grup G.

Barcelona yang masuk ke pot kedua harus rela berada satu grup dengan Juventus. Selain keduanya, ada Dynamo Kiev dan Ferencvaros, yang terbilang kekuatannya jauh di bawah Barcelona dan Juventus.

Jika memang demikian, maka Barcelona dan Juventus tinggal berebut posisi juara grup. Belum ada jadwal pasti soal pertemuan kedua tim, tapi para penikmat sepakbola pasti penasaran seberapa sering Juventus dan Barcelona jumpa di kompetisi Eropa.

Dari data Transfermarkt, ada 13 kali pertemuan Barcelona dan Juventus di kompetisi Eropa sejak pertama kali di ajang Piala Fairs 1970/1971. Saat itu Juventus menang dengan skor 2-1 baik kandang maupun tandang.

Selain di Fairs Cup yang jadi cikal bakal Piala UEFA, kedua tim pernah berjumpa di Piala/Liga Champions dan Piala Winners. Juventus unggul tipis dengan 5 kemenangan berbanding 4 kemenangan. Sisanya empat laga berakhir sama kuat.

Tapi, Barcelona unggul sedikit dalam produktivitas, dengan 15 gol berbanding 14 gol milik Barcelona. Sementara, top scorernya adalah Roberto Bettega, Hristo Stoickhov, Paulo Dybala, Lionel Messi, dan Ivan Rakitic dengan dua gol.

Pertemuan terakhir terjadi di fase grup Liga Champions 2017/2018. Barcelona menang 3-0 di Camp Nou sebelum berimbang 0-0 di Allianz Stadium. Barcelona juga pernah mengalahkan Juventus 3-1 di final Liga Champions 2014/2015.

Dua musim setelah itu, Juventus membalas dendam dengan menyingkirkan Barcelona di perempatfinal. Duel tahun ini juga akan membangkitkan lagi perseteruan lama antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.



Simak Video "Dynamo Kiev Vs Juventus: Morata Moncer 2 Gol"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com