sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Okt 2020 11:27 WIB

Tuanzebe Matikan Mbappe, Harus Terus Dipasang Ole

Kris Fathoni W - detikSport
Paris Saint-Germains French forward Kylian Mbappe (R) vies for the ball with Manchester Uniteds English defender Axel Tuanzebe  during the UEFA Europa League Group H first-leg football match between Paris Saint-Germain (PSG) and Manchester United at the Parc des Princes stadium in Paris on October 20, 2020. (Photo by FRANCK FIFE / AFP) Tuanzebe Matikan Mbappe, Harus Terus Dipasang Ole. (Foto: AFP/FRANCK FIFE)
Jakarta -

Performa Axel Tuanzebe dalam kemenangan Manchester United di markas Paris Saint-Germain dapat puja-puji. Secara khusus, ia disanjung dalam mematikan Kylian Mbappe.

Di atas kertas, PSG memiliki salah satu satu lini serang mematikan saat ini dengan kehadiran trisula Neymar, Angel Di Maria, dan Kylian Mbappe. Ketiganya pun diturunkan sedari awal dalam laga PSG Vs MU, Rabu (21/10/2020).

Namun, ketiganya tak kuasa mencatatkan nama di papan skor saat MU menundukkan PSG dengan skor 2-1. Satu-satunya gol balasan tim tuan rumah adalah lewat gol bunuh diri Anthony Martial, dalam usahanya menghalau bola sepak pojok Neymar.

Axel Tuanzebe adalah salah satu pemain yang dapat pujian dari keberhasilan lini belakang Setan Merah meredam lini serang PSG, yang sepanjang laga disebut UEFA.com memiliki lima upaya tepat sasaran dari 15 percobaan.

Ya, Tuanzebe jelas tidak kerja sendirian. Tapi performanya menonjol.

Akun Twitter StatmanDave mencatat bahwa sepanjang laga PSG Vs MU, Axel Tuanzebe memenangi seluruh duel udara, 92 persen akurasi operan, tujuh sapuan, dan satu blok.

Selain itu, salah satu yang cukup terlihat adalah betapa Axel Tuanzebe bukan cuma mampu menandingi kecepatan Kylian Mbappe tapi juga sukses meredam penyerang asal Prancis tersebut.




Satu hal yang menarik, kali terakhir Axel Tuanzebe tampil di skuad Ole Gunnar Solskjar adalah pada Desember tahun lalu ketika bek 22 tahun itu main lawan Colchester di Carabao Cup.

"Axel Tuanzebe memainkan laga pertamanya buat Manchester United semenjak Desember tahun lalu. Ia sukses mengunci Kylian Mbappe," cuit akun Twitter BRFootball.

Tak heran kalau kemudian Axel Tuanzebe banjir pujian, bahkan dianggap layak untuk terus tampil reguler di skuad Ole Gunnar Solskjaer. Yang bilang begitu bukan cuma netizen, tapi juga mantan pesepakbola yang pernah main di MU.




Menurut Rio Ferdinand, mantan bek MU, performa Axel Tuanzebe sudah memperlihatkan solusi dari masalah lini belakang Setan Merah sebelum ini, yang acapkali kesulitan mengimbangi kecepatan pemain lawan dalam mengoyak barisan pertahanan di depan David De Gea.

Dengan Harry Maguire dan Eric Bailly sedang menepi karena cedera, Ole Gunnar Solskjaer disarankannya untuk terus mengandalkan kecepatan, daya atletis, dan kemampuan Axel Tuanzebe dalam membaca pergerakan lawan.

"Ia (Tuanzebe) mengendus ancaman dalam sejumlah kesempatan dan Anda harus amat mengapresiasi performa macam itu di tengah banyaknya cedera. Sekali lagi, ini penampilan pertamanya dalam 10 bulan. Bisa langsung main seperti itu, ia layak diapresiasi," ucapnya seperti dilansir Mirror.

Mantan pemain MU lain, Owen Hargreaves, sepakat sekali. Axel Tuanzebe disebutnya sudah memperlihatkan ke Solskjaer layak terus jadi starter lewat duel-duelnya dengan Mbappe. "Dengan kemampuan atletisnya di posisi-posisi itu, ia takkan minggir begitu saja."

Kiper Man United David de Gea pun tidak ketinggalan melayangkan pujian buat Axel Tuanzebe, yang disebutnya sudah membuktikan diri bisa tampil di laga-laga penting.

"Ia luar biasa sekali hari ini. Ia menghadapi dua pemain terbaik dunia dalam sosok Neymar dan Mbappe jadi performanya benar-benar bagus sekali. Saya ikut gembira sekali buatnya. Ia sudah melewati masa-masa sulit dengan cederanya, tapi hari ini ia sudah membuktikan mampu bermain di laga-laga besar," kata De Gea kepada MUTV.

(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com