sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 22 Okt 2020 07:20 WIB

Untung Ada Fabinho

Bayu Baskoro - detikSport
AMSTERDAM, NETHERLANDS - OCTOBER 21: Fabinho of Liverpool jumps for the ball with Jurgen Ekkelenkamp of Ajax during the UEFA Champions League Group D stage match between Ajax Amsterdam and Liverpool FC at Johan Cruijff Arena on October 21, 2020 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Fabinho menyelamatkan gawang Liverpool dari kebobolan. (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Amsterdam -

Fabinho tampil gemilang saat Liverpool bersua Ajax Amsterdam di Liga Champions. Satu penyelamatannya krusialnya mengamankan raihan tiga poin The Reds.

Fabinho ditempatkan sebagai bek tengah saat matchday I Grup D Liga Champions antara Ajax vs Liverpool di Johan Cruijff Arena, Kamis (22/10/2020). Pemain yang aslinya berposisi sebagai gelandang jangkar itu mengisi tempat Virgil van Dijk yang absen akibat cedera.

Tanggung jawab yang diemban Fabinho untuk mengawal jantung pertahanan Liverpool dibayar dengan performa luar biasanya. Pemain Brasil itu mampu mematahkan serangan-serangan yang dilancarkan Dusan Tadic dkk.

Ada satu momen krusial yang dilakukan Fabinho menjelang berakhirnya babak pertama. Kala itu, Liverpool sudah unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico di menit ke-34.

Ajax yang berupaya mengejar ketertinggalan mendapatkan kans emas lewat kaki Tadic. Striker 31 tahun itu menendang bola lob dari jarak dekat melewati kiper Adrian San Miguel yang telah meninggalkan gawangnya.

Tepat sebelum bola melewati garis gawang Liverpool, Fabinho datang menghalau bola dengan tendangan saltonya. Alhasil, Ajax gagal menyamakan kedudukan dan keunggulan The Reds tetap bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Fabinho tak mengendurkan kemampuannya mengawal sektor bek tengah Liverpool. Klub juara bertahan Liga Inggris itu akhirnya mampu mempertahankan keunggulannya dan menutup laga dengan kemenangan 1-0.

Sepanjang pertandingan berlangsung, Fabinho tercatat sukses memenangkan duel 100 persen dan empat kali melakukan tekel bersih. Pemain 26 tahun itu juga melakukan empat kali sapuan, dua kali intersep dan sekali blok.

Penampilan impresif Fabinho sebagai bek tengah menggantikan Van Dijk pun mendapat apresiasi manajer Liverpool, Juergen Klopp. Penyelamatan krusial yang dibuat eks AS Monaco itu diakuinya menjadi contoh bagaimana timnya selalu berjuang keras di saat situasi sulit.

"Itu adalah contoh bagus bagaimana anak-anak bermain hari ini - memang sih bukan permainan yang sempurna, tapi mereka bertarung luar biasa. Itulah yang anda butuhkan dan pada situasi seperti itu sangat membantu sekali," kata Klopp tentang penyelamatan yang dilakukan Fabinho, dilansir dari laman UEFA.



Simak Video "Gol Bunuh Diri Tagliafico Menangkan Liverpool"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com