sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 25 Nov 2020 14:51 WIB

Pelan-pelan Saja, Sancho

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Dortmunds Jadon Sancho, left, shoot a free kick to score during the Champions League group F soccer match between Borussia Dortmund and Club Brugge in Dortmund, Germany, Tuesday, Nov. 24, 2020. (AP Photo/Martin Meissner) Jadon Sancho membobol gawang Club Brugge lewat sepakan bebas (AP/Martin Meissner)
Dortmund -

Jadon Sancho mulai unjuk gigi lagi bersama Borussia Dortmund. Dia baru saja membuat gol free kick cantik di Liga Champions. Seperti apa?

Sancho tampil luar biasa musim lalu dengan torehan 20 gol dan 19 assist dari 44 laga di seluruh kompetisi. Jarang ada pemain yang mampu membuat statistik seperti ini di liga-liga top Eropa.

Performa itulah yang membuat Sancho banyak diincar klub besar, termasuk Manchester United yang getol ingin mendapatkannya. Sayangnya, saga transfer itu berakhir pahit untuk MU dan juga Sancho.

Sancho akhirnya bertahan di Dortmund, tapi efek saga transfer itu membuat performanya menurun. Sancho musim ini baru bikin dua gol dan empat assist dari sembilan penampilan di seluruh kompetisi.

Belakangan pelatih Lucien Favre juga kerap mencadangkannya. Momentum Sancho bangkit akhirnya didapat saat Dortmund menghadapi Club Brugge di matchday keempat Liga Champions di Signal-Iduna Park, Rabu (25/11/2020) dini hari WIB.

Sancho pada laga itu jadi starter dan ikut mencetak satu gol saat Dortmund menang 3-0 sekaligus memimpin klasemen Grup F dengan sembilan poin. Sancho mencetak gol lewat sepakan bebas langsung ke gawang Simon Mignolet di akhir babak pertama.

Menurut Opta, Jadon Sancho jadi pemain Inggris pertama sejak David Beckham yang mencetak gol lewat tendangan bebas langsung untuk klub non-Premier League. Tak cuma bikin satu gol, Sancho juga mendonasikan assist untuk gol kedua Erling Haaland.

Dicatat Squawka, Sancho bikin tiga shot dengan dua on target sepanjang 90 menit dan 36 passing suksesnya semuanya mengarah ke sepertiga akhir permainan lawan. Sancho kini sudah bikin tiga gol dan empat assist dari 10 penampilan.

Masih jauh dari pencapaiannya musim lalu, tapi Jadon Sancho setidaknya pelan-pelan mulai menemukan lagi performanya.

"Tentu saja saya senang dia bisa bikin gol lagi. Gol tendangan bebas yang indah. Kami punya beberapa pemain yang bisa melakukan itu. Dia melakukannya dengan sangat baik," ujar Favre seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Secara keseluruhan, dia bermain sangat baik, banyak berlari. Tapi saya ulangi sekali lagi, bahwa pemain tidak bisa selalu berada dalam performa terbaiknya. Terkadang bagus, terkadang buruk," sambungnya,

"Menurut saya mereka tidak bisa terus-terusan tampil bagus. Itu mustahil. Musim lalu begitu spesial untuk Jadon Sancho. Tentu saja, dia harus bisa mengembalikan performanya. Tapi, pelan-pelan dia bisa tampil oke lagi," tutup Favre.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com