7 Data dan Fakta Jelang Liverpool Vs Ajax

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 01 Des 2020 13:20 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - OCTOBER 21: Roberto Firminho of Liverpool runs with the ball under pressure from Daley Blind of Ajax during the UEFA Champions League Group D stage match between Ajax Amsterdam and Liverpool FC at Johan Cruijff Arena on October 21, 2020 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Liverpool akan menjamu Ajax di lanjutan Liga Champions (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Liverpool akan menjamu Ajax di matchday 5 Liga Champions untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar. Berikut ini data dan fakta dari laga Liverpool vs Ajax.

Liverpool tengah memuncaki klasemen Grup D dengan sembilan poin dari empat pertandingan. Sementara itu, Ajax menyusul di posisi kedua dengan tujuh poin.

Di matchday 5 Liga Champions, Liverpool akan menghadapi Ajax di Anfield, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Laga ini bisa menentukan langkah Mohamed Salah dkk ke babak knockout.

The Reds akan lolos ke babak 16 besar asalkan terhindar dari kekalahan. Mereka bakal dipastikan jadi juara grup jika mengalahkan Ajax dan Atalanta tidak menang atas Midtjylland.

Pada pertemuan pertama di markas Ajax, Liverpool memetik kemenangan tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico. Bagaimana dengan pertemuan kali ini? Berikut adalah data dan fakta dari laga Liverpool vs Ajax seperti dirangkum Opta:

- Ini akan jadi pertemuan keempat antara Liverpool dan Ajax di kompetisi Eropa. Tiga pertemuan sebelumnya berakhir dengan satu kemenangan untuk Ajax, satu hasil imbang, dan satu kemenangan untuk Liverpool.

- Ajax sebelumnya hanya pernah satu kali tandang ke Liverpool di European Cup/Liga Champions, dengan hasil akhir 2-2 di leg kedua babak 16 besar pada musim 1966/67 (Ajax menang 7-3 secara agregat).

- Sejak kalah untuk pertama kalinya dari tim Belanda di kompetisi Eropa (1-5 vs Ajax pada Desember 1966), Liverpool melewati 14 laga tanpa terkalahkan melawan tim dari Belanda (W9 D5).

- Ajax belum pernah kalah dalam lima pertandingan tandang terakhir melawan tim Inggris di Liga Champions (W1 D4). Yang terakhir saat melawat ke Chelsea yang berakhir imbang 4-4 pada November 2019.

- Kekalahan dari Atalanta mengakhiri laju positif Liverpool yang melewati delapan laga tanpa kekalahan di fase grup Liga Champions (W7 D1). Sebelumnya, The Reds hanya satu kali kalah beruntun di fase grup selama ditangani Juergen Klopp (pada November 2018).

- Ajax tak terkalahkan dalam 11 laga tandang terakhir di Liga Champions (W7 D4), laju terpanjang mereka di kompetisi ini sejak September 1994-Maret 1997 (14 laga - W10 D4).

- Sejak awal musim 2018/2018, Mohamed Salah adalah satu dari empat pemain yang mencetak 20+ gol di Liga Champions (21), bersama Robert Lewandowski (31), Cristiano Ronaldo (26), dan Lionel Messi (24).



Simak Video "Liverpool Nirgelar Musim Ini, Klopp Mau Kumpulkan Poin Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)