Liga Champions: Usai 11 Laga, Ajax Akhirnya Kalah di Markas Lawan

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 02 Des 2020 17:45 WIB
Ajaxs David Neres reacts after missing a chance to score during the Champions League group D soccer match between Liverpool and Ajax at Anfield stadium in Liverpool, England, Tuesday, Dec. 1, 2020. (Peter Byrne/Pool via AP)
Ajax Amsterdam akhirnya kalah juga di laga tandang Liga Champions (AP/Peter Byrne)
Liverpool -

Kekalahan dari Liverpool tak hanya menghambat jalan Ajax Amsterdam ke 16 besar Liga Champions. Tapi, juga mencoreng rekor tandang apik Ajacied. Duh!

Melawat ke Anfield, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB, Ajax butuh kemenangan untuk bisa menjaga peluangnya lolos ke babak gugur. Sebab mereka baru punya tujuh poin dari emapt pertandingan sebelumnya.

Kekalahan Liverpool dari Atalanta pekan lalu membuka lebar peluang Ajax tersebut. Tapi, menghadapi Liverpool yang compang-camping karena badai cedera, Ajax malah kesulitan untuk tampil oke.

Ajax cuma mampu melepaskan total 11 attempts sepanjang 90 menit, kalah dari Liverpool yang punya 15 attempts. Enam di antaranya mengarah ke gawang, tapi performa top Caoimlin Kelleher mementahkan empat peluang emas.

Salah satunya sundulan Klaas Jan Huntelaar di menit-menit akhir waktu normal. Ajax akhirnya kalah 0-1 karena gol Curtis Jones di menit ke-58 dan turun ke posisi ketiga dengan 7 poin.

Kini Ajax harus melakoni partai hidup-mati di Johan Cruyff ArenA pekan depan menghadapi Atalanta. Kemenangan jadi harga mati untuk bisa melaju ke 16 besar.

Kekalahan dari Liverpool juga turut menyudahi 11 partai tandang tanpa terkalahkan di kompetisi ini. Ajax terakhir kali kalah di partai tandang Liga Champions adalah dari Paris Saint-Germain dengan skor 1-3 pada 25 November 2014.

Setelah itu Ajax dicatat Opta mampu meraih tujuh kemenangan dan empat hasil imbang pada laga tandang Liga Champions. Ini jadi rentetan terpanjang setelah September 1994 hingga Maret 1997, 14 laga.

Bahkan, Ajax dalam lima lawatan sebelumnya ke tim-tim Inggris tidak pernah kalah dengan satu kemenangan dan empat imbang, termasuk skor 4-4 kontra Chelsea November tahun lalu.

"Kami datang ke sini untuk meraih tiga poin, tapi tidak berhasil. Kami membuat banyak peluang dan setidaknya pantas meraih hasil imbang," ujar bek Ajax Perr Schuurs seperti dikutip situs resmi UEFA.

(mrp/cas)