MU, PSG, atau RB Leipzig? Ini Syarat Lolos dari 'Grup Neraka'

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 07 Des 2020 18:25 WIB
Soccer Football - Champions League Group Stage Draw - Grimaldi Forum, Monaco - August 30, 2018   General view during the draw   REUTERS/Eric Gaillard
MU, PSG, atau RB Leipzig? Ini Syarat Lolos dari 'Grup Neraka'. (Foto: Eric Gaillard/Reuters)
Jakarta -

Manchester United, Paris Saint-Germain, dan RB Leipzig sedang memperebutkan dua tiket lolos dari 'grup neraka' Liga Champions musim ini. Berikut syarat lolos mereka.

Grup H Liga Champions disebut-sebut sebagai yang paling maut di antara grup lainnya. Itu karena keberadaan tiga tim yang sudah diprediksi bakal bersaing sengit sedari awal, yakni MU, PSG, dan RB Leipzig.

Yang terjadi kemudian juga menegaskan bahwa stempel 'Grup Neraka' buat grup ini tidaklah keliru. Persaingan berebut tiket lolos bukan cuma harus dituntaskan sampai matchday terakhir tapi kini MU, PSG, dan RB Leipzig juga kompak punya 9 angka setelah saling mengalahkan!

Sampai dengan tuntasnya matchday kelima lalu, cuma Istanbul Basaksehir yang nasibnya sudah ketahuan di grup ini. Wakil Turki itu dipastikan tersingkir, bukan cuma dari Liga Champions tapi juga dari kompetisi antarklub Eropa dengan status juru kunci.

Dengan kata lain, matchday keenam Liga Champions pada tengah pekan ini secara spesifik akan menentukan siapa dua tim Grup H yang berhak lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup dan runner-up, sekaligus siapa yang akan meluncur ke Liga Europa.

Tentu saja di antara ketiga opsi tersebut Manchester United, Paris Saint-Germain, dan RB Leipzig akan sama-sama mengincar tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Tapi, tentu saja, tiket yang jadi rebutan cuma ada dua.

Berikut jadwal matchday pamungkas di Grup H, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB:

03:00 WIB Paris Saint-Germain Vs Istanbul Basaksehir
03:00 WIB RB Leipzig Vs Manchester United

Dari duel tersebut, bisa dilihat bahwa di atas kertas PSG memiliki laga yang lebih ringan karena 'cuma' menghadapi Istanbul Basaksehir yang sudah tersingkir. Les Parisiens pun akan main di kandang sendiri.

Sementara itu RB Leipzig dan Manchester United bakal 'saling bunuh' dalam pertandingannya. Pertaruhannya adalah tiket lolos.

Berikut rangkuman syarat lolos ketiga tim tersebut, seperti dirangkum UEFA.com:

- Manchester United akan lolos andaikata tidak kalah dari RB Leipzig. Man United bakal jadi juara grup jika tidak kalah DAN PSG pun tak meraih kemenangan atas Istanbul Basaksehir.

- PSG akan lolos jika terhindar dari kekalahan lawan Istanbul Basaksehir. Kalah pun PSG tetap bisa lolos ASALKAN partai RB Leipzig Vs MU tak berakhir seri. PSG akan finis pertama kalau meraih kemenangan.

- RB Leipzig akan lolos jika mengalahkan Manchester United, ATAU kalau mereka berimbang dan PSG kalah dari Istanbul Basaksehir. RB Leipzig bisa finis pertama jika meraih kemenangan DAN Paris Saint-Germain tidak meraih tiga angka.

- Istanbul Basaksehir sudah dipastikan finis keempat.

(krs/rin)