Sudah Lengkap, Inilah Peserta 16 Besar Liga Champions 2020/21

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 10 Des 2020 07:01 WIB
PARIS, FRANCE - NOVEMBER 22: General view of the UEFA Champions league logo during the UEFA Champions League group B match between Paris Saint-Germain and Celtic FC at Parc des Princes on November 22, 2017 in Paris, France. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Peserta 16 besar Liga Champions musim ini sudah lengkap. Foto: Getty Images/Catherine Ivill
Jakarta -

Fase grup Liga Champions 2020/21 sudah berakhir, menghasilkan 16 tim yang melaju ke babak selanjutnya dan 8 tim yang tergusur ke babak 32 besar Liga Europa. Siapa saja?

Di Grup A, ada Bayern Munich dan Atletico Madrid yang melaju ke babak knockout. Sedangkan jatah ke Liga Europa diambil oleh Red Bull Salzburg, yang kalah 0-2 dari Atletico di laga terakhir,

Selanjutnya di Grup B, Real Madrid dan Borussia Moenchengladbach melangkah bersama ke fase gugur. Sementara itu, Shakhtar Donetsk mendapat hadiah hiburan ke Liga Europa usai menahan imbang Inter Milan tanpa gol.

Masuk ke Grup C, Manchester City juga sudah lolos ke 16 besar sejak matchday keempat, sementara Porto memastikan diri ke babak selanjutnya di matchday kelima. Hasil di matchday keenam dipakai untuk menentukan siapa yang pindah ke Liga Europa, yang akhirnya jatuh ke tangan Olympiakos.

Lalu di Grup D, duet Atalanta dan Liverpool berhasil menembus perdelapan final. Sementara Ajax Amsterdam harus puas ke Liga Europa karena kalah 0-1 dari Atalanta di matchday terakhir.

Di Grup E, Chelsea dan Sevilla sudah memastikan diri ke 16 besar sejak matchday keempat. Sementara slot ke Liga Europa jatuh kepada wakil Rusia, FC Krasnodar.

Lanjut ke Grup F, Lazio kembali melaju ke 16 besar setelah 21 tahun lamanya. Mereka menemani sang juara grup, Borussia Dortmund. Sementara itu, tiket ke Liga Europa didapat juara Liga Belgia, Club Brugge.

Kemudian di Grup G, Juventus dan Barcelona juga telah memastikan diri ke fase gugur sejak matchday keempat. Sementara Dynamo Kiev baru memastikan diri ke Liga Europa usai menaklukkan Ferencvaros 1-0 di matchday terakhir.

Terakhir, di Grup H yang disebut-sebut sebagai 'grup neraka' diwakili oleh RB Leipzig dan Paris-Saint Germain. Keduanya menyingkirkan Manchester United, yang harus puas kembali ke 'liga malam Jumat'.

Undian 16 besar akan dilaksanakan pada Senin (14/12/2020) pukul 18.00 WIB di Nyon, Swiss, dan live streaming-nya bisa disaksikan langsung di situs resmi UEFA. Tiap juara grup akan berhadapan dengan runner-up grup, namun tak boleh dari grup ataupun negara yang sama.

Peserta 16 besar Liga Champions 2020/21

Grup A: Bayern Munich, Atletico Madrid

Grup B: Real Madrid, Borussia Moenchengladbach

Grup C: Manchester City, Porto

Grup D: Liverpool, Atalanta

Grup E: Chelsea, Sevilla

Grup F: Borussia Dortmund, Lazio

Grup G: Juventus, Barcelona

Grup H: Paris Saint-Germain, RB Leipzig

Yang terlempar ke 32 Besar Liga Europa

Red Bull Salzburg, Shakhtar Donetsk, Olympiakos, Ajax Amsterdam, Krasnodar, Club Brugge, Dynamo Kiev, Manchester United



Simak Video "Ajax Bungkam 10 Pemain Dortmund"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)