Chelsea ke Final Liga Champions, Tuchel Ukir Sejarah

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 06 Mei 2021 05:07 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel celebrates with Ben Chilwell at the end of the Champions League semifinal 2nd leg soccer match between Chelsea and Real Madrid at Stamford Bridge in London, Wednesday, May 5, 2021. Chelsea won 2-0. (AP Photo/Alastair Grant)
Foto: AP/Alastair Grant
London -

Thomas Tuchel sukses membawa Chelsea maju ke final Liga Champions usai menyingkirkan Real Madrid. Ada sebuah sejarah yang diukir oleh pelatih Jerman itu.

Kelolosan Chelsea ditentukan lewat kemenangan 2-0 atas Madrid di Stamford Bridge dalam semifinal leg kedua, Kamis (6/5/2021) dinihari WIB. Kemenangan si Biru dipastikan oleh gol-gol Timo Werner dan Mason Mount di masing-masing babak.

The Blues unggul agregat 3-1 sehingga berhak atas tiket ke Istanbul untuk menghadapi sesama wakil Inggris, Manchester City pada 29 Mei mendatang. Ini adalah final pertama Chelsea sejak mencapainya pada 2012.

Sementara itu bagi Thomas Tuchel ini adalah final keduanya berturut-turut setelah sebelumnya mengantar Paris St. Germain menjadi runner-up pada 2019/20. Dilansir Opta, Tuchel merupakan pelatih pertama dalam sejarah Piala Eropa/Liga Champions yang menjejak final beruntun dengan tim yang berbeda.

"Saya sangat gembira karena kami bisa mencapainya," cetus Tuchel usai pertandingan kepada BT Sport. "Saya sangat bersyukur bisa menjalani hidup saya dengan sepakbola dan gairah ini sebagai profesi. Sangat bersyukur bisa melakukannya di level ini dan menjejak final lagi, saya sangat bersyukur akan hal itu."

Chelsea mengincar trofi juara Liga Champions keduanya setelah memenanginya pada 2011/12 berkat kemenangan atas Bayern Munich di final. Sedangkan Man City di ambang gelar pertama klub.

"Tanya saya lagi pada empat hari sebelum final! Sekarang masih terlalu awal," lanjut mantan pelatih Borussia Dortmund ini menjawab tentang perkiraan pertandingan. "Mungkin ada pemain yang cedera, atau pemain yang tampil buruk."

"Kami mesti menunggu dan mudah-mudahan kami tiba dengan skuad yang lengkap karena ini belum selesai. Kami ingin maju terus dan kami tiba di kompetisi ini untuk memenanginya," lugas Tuchel.



Simak Video "Klopp & Tuchel Minta Pemainnya Tak Diseret Polemik Liga Super Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/adp)