Jumpa Villarreal, MU Harapkan 'Tuah' Final Liga Champions 1999

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 07 Mei 2021 19:00 WIB
Manchester Uniteds Uruguayan forward Edinson Cavani (L) celebrates with teammates after scoring a goal during the UEFA Europa League semi-final second leg football match between AS Roma and Manchester United at the Olympic Stadium in Rome, on May 6, 2021. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)
Jumpa Villarreal, MU Harapkan 'Tuah' Final Liga Champions 1999. (Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Roma -

Final Liga Europa 2020/21 bertepatan dengan hari saat Manchester United memenangi Liga Champions 1998/99. Akankah hal itu akan menjadi pertanda baik bagi MU?

MU akan menghadapi Villarreal di Stadion Energa Gdansk pada Rabu (26/5/2021) malam waktu setempat atau Kamis (27/5) dinihari WIB. Setan Merah lolos setelah mendepak AS Roma dengan agregat 8-5 di semfinal, sedangkan Villarreal menyingkirkan Arsenal dengan agregat 2-1.

Itu akan menjadi pertemuan pertama kedua tim dalam 13 tahun. Terakhir kali MU dan Villarreal berjumpa di fase grup Liga Champions 2008/09, yang berkesudahan imbang tanpa gol.

Khususnya bagi Manchester United, final Liga Europa pada 26 Mei akan berarti lebih spesial. Duel itu dilangsungkan tepat di hari lahir manajer legendaris MU Sir Matt Busby dan kemenangan dramatis atas Bayern Munich 2-1 di final Liga Champions 1999.

Meski MU sedikit lebih diunggulkan, manajer Ole Gunnar Solskjaer percaya Villarreal akan menjadi pertandingan yang menantang. MU berharap bisa mengukir torehan serupa di Gdansk seperti saat berjaya di Camp Nou.

"Tentu saja, mereka kan lolos ke final, mengalahkan Arsenal yang tidak pernah mudah," ucap Solskjaer kepada MUTV. "Tim manapun yang bisa maju ke final itu berarti tim yang bagus. Ini akan menjadi sebuah pertandingan yang sulit, tapi kami menantikannya."

"Inilah apa yang selalu kami inginkan, bermain di sebuah final, pertandingan terakhir musim, peluang memenangi sebuah trofi. Kami sudah menderita kekalahan di empat semifinal dan sekarang akhirnya kami lolos. Dorongan yang amat besar untuk semuanya."

"Ada sebuah final yang bagus di '99, 26 Mei itu sebuah hari yang bagus. Jadi mudah-mudahan itu menjadi sebuah pertanda yang bagus," kata dia terkait final Liga Europa antara Man United kontra Villarreal.

(rin/krs)