Resmi! Final Liga Champions Pindah ke Porto

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 13 Mei 2021 19:30 WIB
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 23: A detailed view of the Champions League Trophy prior to during the UEFA Champions League Final match between Paris Saint-Germain and Bayern Munich at Estadio do Sport Lisboa e Benfica on August 23, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Miguel A. Lopes/Pool via Getty Images)
Final Liga Champions dipindah ke Porto. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Lokasi final Liga Champions resmi dipindahkan. UEFA mengumumkan laga antara Manchester City vs Chelsea akan digelar di Porto, Portugal.

Laga final Liga Champions 2021 sejatinya digelar di Ataturk Stadium, Istanbul, pada 29 Mei mendatang. Namun ada kekhawatiran terkait situasi COVID-19 di negara tersebut, apalagi mengingat pertandingan bisa disaksikan penonton.

Turki sendiri masuk dalam daftar merah pemerintah Inggris. Oleh karena itu, mereka sempat mengupayakan final Liga Champions bisa digelar di Wembley, terlebih yang berhadapan adalah sesama tim Inggris.

Namun rencana itu tak terwujud karena segala kerumitan aturan karantina untuk staf, pihak-pihak sponsor, VIP, dan media asing. Pada akhirnya lokasi final dipindahkan ke Porto, Portugal.

Tak seperti Turki, Portugal masuk dalam daftar hijau pemerintah Inggris. Pengunjung tidak perlu melakukan karantina, namun harus melakukan tes COVID-19 sebelum dan setelah melakukan perjalanan.

Sebanyak 6 ribu fans Manchester City dan Chelsea akan diperbolehkan hadir ke stadion.

"Setelah setahun fans tak bisa hadir ke stadion, UEFA berpikir bahwa segala sesuatunya perlu dibereskan untuk memastikan suporter kedua tim bisa hadir," ungkap pernyataan UEFA seperti dikutip Sky Sports.

"UEFA berdiskusi untuk memindahkan laga ke Inggris, tapi setelah upaya melelahkan dari Asosiasi Sepakbola (FA) dan otoritas, tidak memungkinkan untuk mencapai pengecualian yang dibutuhkan dari peraturan karantina Inggris."

"Otoritas Portugal dan FPF masuk, bekerja cepat, dan mulus dengan UEFA untuk menawarkan tempat yang cocok buat final dan karena Portugal ada di daftar hijau untuk Inggris, para penggemar dan pemain yang hadir ke final tidak perlu melakukan karantina saat pulang," demikian pernyataan tersebut.



Simak Video "Euforia Suporter Chelsea dan Man City Jelang Final Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)