UEFA Conference League: Begini Penampakan Trofinya!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 24 Mei 2021 21:00 WIB
UEFA merilis kompetisi anyar bernama UEFA Conference League, kasta tertinggi ketiga di Eropa.
UEFA merilis kompetisi baru UEFA Conference League. (Foto: dok. UEFA)
Nyon -

Turnamen baru UEFA Conference League mulai digelar musim depan. Yuk, intip penampakan trofinya!

UEFA membuat kompetisi anyar di Eropa bertajuk UEFA Conference League. Ajang ini menjadi turnamen tertinggi ketiga di Benua Biru yang diikuti 184 tim dari 55 negara anggota asosiasi UEFA secara keseluruhan.

Ke-184 tim akan disaring ke dalam tiga babak kualifikasi dan satu babak play-off sebelum masuk ke fase grup. Nantinya di fase grup akan diisi 32 tim yang bakal memperebutkan trofi UEFA Conference League.

Babak kualifikasi UEFA Conference League berlangsung mulai 15 Juni hingga 2 Agustus. Ada pun fase grup digelar pada 16 September, sementara partai final dijadwalkan pada 22 Mei 2022 di Tirana, Albania.

Berbagai klub tenar Eropa dipastikan ikut serta di ajang UEFA Conference League. Mulai dari Feyeenoord, Anderlecht, AS Roma hingga Tottenham Hotspur.

UEFA selaku operator kompetisi merilis trofi yang akan diperebutkan para peserta UEFA Conference League, Senin (24/5). Trofi tersebut tersusun dari 32 besi heksagonal berwarna perak yang menyimbolkan jumlah peserta di babak grup.

32 besi heksagonal itu dibentuk melengkung dari dasar trofi, terinspirasi dari gerak bola yang meluncur ke gawang. Trofi UEFA Conference League memiliki berat total 11 kg dan tinggi 57,5 cm.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengungkapkan alasan pembentukan kompetisi UEFA Conference League. Pihaknya ingin memberi kesempatan banyak tim memperebutkan gelar bergengsi Eropa, khususnya negara-negara di luar 5 liga top Eropa.

"Kami ingin membuat kompetisi kami lebih inklusif - untuk memberi klub dan fans kesempatan bermimpi dan bersaing memperebutkan gelar Eropa. Inilah mengapa kami menciptakan UEFA Conference League," kata Ceferin, dikutip dari laman resmi UEFA.

"Kami memiliki 55 asosiasi negara-negara yang membentuk UEFA, dan penting untuk memberi klub-klub dari sebanyak mungkin federasi, kesempatan memperpanjang kampanye Eropa mereka selama mungkin," ujarnya.

(bay/krs)