Karena Man City Butuh Juara Liga Champions

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 18:45 WIB
Manchester Citys players react at the end of the UEFA Champions League final football match between Manchester City and Chelsea FC at the Dragao stadium in Porto on May 29, 2021. (Photo by David Ramos / various sources / AFP)
Kyle Walker berpendapat, Man City butuh juara Liga Champions untuk bisa disebut sebagai salah satu tim terbaik Premier League sepanjang masa. (Foto: AFP/DAVID RAMOS)
Manchester -

Skuad Manchester City saat ini kerap dianggap sebagai tim terbaik Premier League sepanjang masa. Namun, City butuh validasi itu dengan gelar Liga Champions.

Label tersebut mulai disematkan kepada City ketika dilatih Pep Guardiola. Si Biru Langit sulit disaingi di level domestik usai menggondol delapan titel juara, di antaranya tiga gelar Liga Inggris dalam empat musim terakhir.

Gelar-gelar itupun didapat dengan cara yang luar biasa. Pada 2017-18, City-nya Guardiola mengukir rekor 100 poin usai mendominasi di sepanjang musim sehingga unggul 19 poin dari Manchester United di bawahnya pada klasemen akhir.

Pada musim berikutnya, City bertahan dari tekanan Liverpool dengan memenangi 13 pertandingan terakhir untuk menjadi juara usai unggul satu poin. Sedangkan di musim lalu, the Citizens bangkit di akhir paruh pertama untuk finis dengan keunggulan 12 poin dari runner-up MU.

Sayangnya, pencapaian cemerlang the Citizens itu belum 'menular' ke kompetisi Eropa. Setelah mencapai final Liga Champions pertamanya pada Mei silam, Man City urung mengangkat trofi juara setelah ditaklukkan Chelsea 0-1 dalam final yang digelar di Dragao, Porto.

Reputasi Manajer City Pep Guardiola pun kembali dipertanyakan. Sejak membesut City pada 2016/17, Guardiola sudah menghabiskan nyaris Rp 11 triliun untuk belanja pemain. Hasilnya, City baru sebatas mencapai final usai dikalahkan Chelsea 0-1 di Dragao, Porto pada Mei lalu.

Kyle Walker mengakui bahwa Man City butuh memenangi Liga Champions mengingat komposisi skuad yang mentereng. Sebelum ambisi itu terwujud, City belum pantas disebut sebagai tim terbaik Premier League sepanjang masa.

"Kurasa dengan skuad yang kami punya, dengan manajer yang kami punya, dengan klub yang menaungi kami, kami seharusnya maju dan memenangi Liga Champions. Kami semua sadar akan hal itu," ungkap Walker kepada Daily Mail.

"Kami semua tahu bahwa para pemain, setidaknya sejak aku bergabung, direkrut untuk bermain dan merebut gelar itu," lanjut pemain yang didatangkan dari Tottenham Hotspur ini.

"Yeah, oke kami bisa bermain dan memenangi Premier League dan kupikir kami sangat beruntung bisa memenanginya tiga kali dalam empat musim, tapi kami betul-betul perlu titel Liga Champions sebagai sebuah klub karena aku mendengar banyak orang bilang bahwa ini mungkin adalah salah satu tim terbaik Premier League sepanjang masa."

"Oke, yeah, itu memang hebat, fantastis untukku bisa terlibat di sebuah tim seperti itu. Namun, untuk dianggap sebagai salah satu tim terbaik yang pernah ada, kurasa Anda memerlukan gelar Liga Champions, dan itulah yang masih kurang dari kami," cetus Walker soal makna Liga Champions buat Manchester City.

(rin/cas)