Nominasi Penghargaan Liga Champions 2020/2021: Pemain Chelsea Dominan

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 13 Agu 2021 18:00 WIB
Chelseas Hakim Ziyech celebrates after scoring his sides first goal during the UEFA Super Cup soccer match between Chelsea and Villarreal at Windsor Park in Belfast, Northern Ireland, Wednesday, Aug. 11, 2021. (AP Photo/Peter Morrison)
Chelsea menyumbang pemain paling banyak di nominasi Liga Champions 2020/2021. (Foto: AP/Peter Morrison)
Jakarta -

UEFA sudah merilis nominasi penghargaan Liga Champions 2020/2021, untuk pemain terbaik pada masing-masing posisi. Chelsea menyumbang pemain paling banyak.

Penghargaan akan diberikan kepada kiper, bek, gelandang, dan striker terbaik dari Liga Champions 2020/2021. UEFA bakal mengumumkannya pada pengundian penyisihan grup Liga Champions 2021/2022, yang berlangsung pada Kamis 26 Agustus di Istanbul, Turki, waktu setempat.

Voters atau juri terdiri dari 32 pelatih yang berpartisipasi dalam babak penyisihan grup Liga Champions 2020/2021, bersama dengan 55 jurnalis dari masing-masing asosiasi anggota UEFA, yang dipilih oleh grup Media Olahraga Eropa (ESM). Para pelatih tidak diizinkan untuk memilih pemain dari tim mereka sendiri.

Pelatih dan wartawan nantinya diminta untuk memilih daftar tiga pemain di setiap kategori dengan mengalokasikan masing-masing lima poin, tiga poin, dan satu poin dari pilihan pemain yang tersedia. Hasil akhir didasarkan pada jumlah total suara yang diberikan oleh pelatih dan wartawan.

Chelsea selaku tim juara Liga Champions 2020/2021 menyumbang pemain paling banyak. Dari 12 posisi, tersebar lima pemain Chelsea. Sisanya adalah tiga dari Manchester City, dan masing-masing lainnya dari Real Madrid, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munich.

Dari Chelsea ada Edouard Mendy di posisi kiper, Cesar Azpilicueta dan Antonio Ruediger sebagai bek, serta Jorginho dan N'Golo Kante di posisi gelandang.

Tidak ada nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di posisi striker, sama seperti musim lalu. Neymar, yang musim lalu masuk nominasi, kini juga turut menghilang . Ketiga pemain itu kebetulan gagal memberi dampak besar untuk timnya di Liga Champions 2020/2021.

Persaingan kini diisi oleh Robert Lewandowski dari Bayern Munich, Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain, dan Erling Haaland selaku pemain Borussia Dortmund.

Berikut daftar nominasi penghargaan para pemain terbaik berdasarkan posisi di Liga Champions 2020/2021, seperti dilansir UEFA.com:

Kiper:
Thibaut Courtois (Belgia/Real Madrid)
Ederson (Brasil/Manchester City)
Edouard Mendy (Senegal/Chelsea)

Bek:
Cesar Azpilicueta (Spanyol/Chelsea)
Ruben Dias (Portugal/Manchester City)
Antonio Ruediger (Jerman/Chelsea)

Gelandang:
Kevin De Bruyne (Belgia/Manchester City)
Jorginho (Italia/Chelsea)
N'Golo Kante (Prancis/Chelsea)

Striker:
Erling Haaland (Norwegia/Borussia Dortmund)
Kylian Mbappe (Prancis/Paris Saint-Germain)
Robert Lewandowksi (Polandia/Bayern Munich)

(ran/krs)