KGB di Balik Sheriff Tiraspol si Debutan Liga Champions

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 26 Agu 2021 16:33 WIB
Sheriff Tiraspol
Sheriff Tiraspol untuk pertama kalinya tampil di Liga Champions. (Foto: dok. UEFA)
Jakarta -

Sheriff Tiraspol untuk pertama kalinya bisa masuk ke Liga Champions. Klub asal Liga Moldova ini terbentuk dengan sejarah unik.

Sheriff Tiraspol berhasil masuk fase grup Liga Champions 2021/2022 setelah menang agregat 3-0 atas Dinamo Zagreb selaku wakil dari Kroasia. Hasil 0-0 di Stadion Maksimir, Zagreb, Kamis (26/8/2021) dini hari WIB, sudah cukup untuk mengantarkan ke babak utama karena pada leg pertama Sheriff menang 3-0.

Keberhasilan Sheriff menjadi sejarah baru di dunia sepakbola Eropa. Klub yang berdiri pada 1997 itu menjadi tim asal Moldova pertama yang bisa tembus fase grup Liga Champions.

Perjalanan Sheriff sangatlah panjang karena memulainya dari putaran pertama kualifikasi dengan menyingkirkan Teuta dari Albania dengan agregat 5-0. Sheriff kemudian mendepak Alashkert wakil Armenia dengan agregat 4-1 di putaran kedua kualifikasi.

Perjalanan Sheriff semakin berat di putaran ketiga karena bertemu Red Star Belgrade, yang merupakan wakil Serbia langganan ke Liga Champions. Sheriff membuat kejutan dengan sukses menang agregat 2-1, yang kemudian mencetak sejarah di markas Dinamo Zagreb.

Sheriff berada di pot keempat dalam drawing Liga Champions. Di sana juga ada Besiktas, Club Brugge, Dynamo Kyiv, Young Boys, AC Milan, Malmo, dan Wolfsburg.

Sheriff adalah unggulan di sepakbola Moldova dengan torehan sembilan gelar liga dari 10 musim terakhir. Secara total ada 19 gelar liga dan menjadi yang terbanyak dengan diikuti oleh torehan delapan gelar milik Zimbru Chiainau.

[KGB bidani lahirnya Sheriff Tiraspol, simak di halaman berikutnya]