Van Dijk kok Gak Main, Klopp?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 16 Sep 2021 13:43 WIB
Liverpools Virgil van Dijk embraces Liverpools manager Jurgen Klopp at the end of the Champions League Group B soccer match between Liverpool and AC Milan at Anfield, in Liverpool, England, Wednesday Sept. 15, 2021. Liverpool won the match 3-2. (AP Photo/Rui Vieira)
Virgil van Dijk cuma duduk di bangku cadangan saat Liverpool menghadapi AC Milan (AP/Rui Vieira)
Liverpool -

Virgil van Dijk cuma jadi cadangan penuh saat Liverpool mengalahkan AC Milan. Juergen Klopp selaku manajer memberi penjelasan.

Liverpool menjamu AC Milan di laga perdana Grup B Liga Champions di Anfield, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB. Kejutan terjadi saat Klopp mengumumkan susunan pemain.

Ada lima perubahan, terutama di lini belakang ketika Joe Gomez jadi starter pertama kalinya musim ini berduet dengan Joel Matip. Virgil van Dijk malah disimpan di bangku cadangan.

Tanpa kehadiran Van Dijk, Liverpool sempat kesulitan di babak pertama. Meski unggul duluan lewat bunuh diri Fikayo Tomori, Liverpool tertinggal 1-2 saat turun minum setelah Davide Calabria dan Brahim Diaz membobol gawang Alisson Becker.

Tapi, di babak kedua, Liverpool bangkit untuk mencetak dua gol, masing-masing dari Mohamed Salah dan Jordan Henderson. Kemenangan 3-2 pun jadi modal bagus untuk Liverpool lolos dari grup maut ini.

Meski meraih kemenangan, keputusan Klopp merotasi sebagian pemain Liverpool dipertanyakan, terutama Van Dijk. Sebab, Van Dijk adalah pilar utama tim dan bahkan sudah jadi nyawa permainan.

Padahal Van Dijk sudah rutin bermain di empat pertandingan awal Liverpool di Liga Inggris dan perannya begitu penting, ketika gawang Liverpool cuma bobol sekali.

Terkait keputusannya tersebut, Klopp beranggapan bahwa dia sudah melakukan yang benar mengingat Van Dijk tidak bisa diforsir setelah absen lama karena cedera ligamen lutut.

Klopp mau Virgil van Dijk tetap fit untuk mengarungi musim yang panjang ini.

"Virgil bisa saja bermain, tapi saya memaksa diri ini untuk berpikir rasional. Ini memang bukan yang Virgil atau saya inginkan, tapi saya harus lakukan itu (menyimpan Virgil)," ujar Klopp seperti dikutip Sky Sports.

(mrp/aff)