Barcelona Terburuk dalam Sejarah Liga Champions

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 30 Sep 2021 04:38 WIB
Jakarta -

Barcelona telah menjadi Barcelona terburuk sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Liga Champions. Nol poin didapatkan Barcelona dari dua laga pertama.

Barcelona tak berdaya kala bertandang ke markas Benfica di Estadio Da Luz, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. Pada laga Matchday 2 Liga Champions itu, Blaugrana kalah telak 0-3!

Gol cepat Darwin Nunez di menit ketiga memberikan seburuk-buruknya awalan buat Barca. Tim Catalunya itu memang sempat bangkit dan menunjukkan sejumlah serangan potensial, tapi penyelesaian akhirnya begitu buruk sehingga tak ada gol tercipta.

Alih-alih dapat gol, Barcelona malah kebobolan gol-gol lain di babak kedua. Usai beberapa kali terancam di awal babak kedua, Barca bobol juga oleh Rafa Silva dan penalti Darwin Nunez di menit ke-69 dan 79.

Kartu merah Eric Garcia di menit ke-87 menjadi penutup sempurna atas betapa buruknya malam Barcelona. Ini berarti kekalahan telak 0-3 kedua beruntun, yang ditelan tim besutan Ronald Koeman itu di Liga Champions 2020/2021.

Sebelumnya, Barcelona dipermalukan dengan skor serupa oleh Bayern Munich di Camp Nou. Alhasil kini Barca mendekam di dasar klasemen dengan tanpa poin dan selisih gol minus 6.

[Gambas:Opta]

Ini merupakan kali pertama Barcelona tanpa poin setelah dua partai pertama di fase grup Liga Champions. Opta mencatat, baru kedua kalinya dalam sejarah Barcelona, di mana mereka kalah di dua partai pertama di kompetisi Eropa.

Hanya pada musim 1972/1973, Barcelona sama buruknya, ketika kalah di dua laga pertama Piala UEFA (kini Liga Europa). Menariknya, tim yang menjadi mimpi buruk Barcelona kala itu juga berasal dari Portugal, yakni Porto.

Kini Barcelona punya misi sulit untuk bangkit dan menyelamatkan musim di Liga Champions. Dimulai dari Matchday 3 melawan Dynamo Kiev, yang pada malam ini menjadi bulan-bulanan Bayern Munich dan kalah 0-5.

(raw/pur)