Sinar Declan Rice di Panggung Eropa

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 01 Okt 2021 10:50 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 30: Declan Rice of West Ham United celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Europa League group H match between West Ham United and Rapid Wien at Olympic Stadium on September 30, 2021 in London, England. (Photo by Justin Setterfield/Getty Images)
Gelandang West Ham United, Declan Rice. (Foto: Justin Setterfield/Getty Images)
London -

Declan Rice baru musim ini merasakan kompetisi Eropa antarklub. Penampilan gelandang West Ham United itu langsung bersinar.

Rice tampil di Eropa musim ini. Itu setelah West Ham finis keenam di Liga Inggris musim lalu.

Liga Europa menjadi panggung pertama Rice di Eropa. Pemain 22 tahun itu rupanya langsung tampil bersinar.

Dari dua laga, Declan Rice sudah bikin dua gol. Masing-masing gol ia cetak tiap pertandingan.

Pertama, gol ia cetak ke gawang Dinamo Zagreb, saat West Ham menang 2-0 di Kroasia. Gol keduanya kemudian lahir di kandang West Ham, saat timnya menggebuk Rapid Wien, juga dengan skor 2-0, Jumat (1/10/2021) dini hari WIB.

Performa Rice sendiri dipuji David Moyes. Menurut sang manajer, performanya terus berkembang, khususnya sebagai seorang gelandang.

Ya, Declan Rice sendiri memang berperan sebagai gelandang bertahan. Namun, ia terlihat juga bisa membantu serangan, dan terbukti bisa bikin dua gol

"Butuh gol yang dikerjakan dengan sangat baik dan gol yang bagus dari Declan. Dia telah meningkat, dia memiliki kemampuan untuk maju dan mencetak gol dan kami mendorongnya untuk melakukannya. Bagus, dia sudah punya dua gol di kompetisi ini," kata Moyes, dilansir Daily Mail.

"Dia mulai menunjukkan sedikit lebih banyak, saya pikir dia lebih dari mampu, dan dia juga punya motivasi hebat dalam dirinya. Tapi secara keseluruhan dia benar-benar bagus, pemain lini tengah yang sedang berkembang," ujar sang manajer.

LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 30: Declan Rice of West Ham United scores their side's first goal past Paul Gartler of Rapid Vienna during the UEFA Europa League group H match between West Ham United and Rapid Wien at Olympic Stadium on September 30, 2021 in London, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)Momen Declan Rice (41) menjebol gawang Rapid Wien di matchday kedua Liga Europa. Foto: Julian Finney/Getty Images

Declan Rice sendiri produk akademi West Ham United. Ia mulai masuk tim inti pada musim 2016/2017, namun benar-benar dimainkan semusim berselang.

Pemain yang juga sempat menimba ilmu di akademi Chelsea itu kini sudah punya catatan 153 penampilan dan bikin 7 gol serta 7 assist untuk West Ham.

Penampilannya itu diprediksi membuatnya kian laris manis di bursa transfer. Sebab, ia sedang menjadi incaran banyak klub.

Sejak musim lalu, Declan Rice menjadi buruan raksasa Liga Inggris. Manchester United dan Chelsea kabarnya menjadi tim terdepan yang siap berebut tanda tangan pemain berpostur 185 cm tersebut.

(yna/mrp)