Chelsea Gila Betul di Liga Champions: Susah Kalah dan Sulit Dibobol

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 24 Nov 2021 06:06 WIB
London -

Chelsea memang pantas jadi favorit juara Liga Champions musim ini. Tak cuma sulit kalah, The Blues juga tidak mudah dibobol lawan.

Sejak ditangani Thomas Tuchel, Chelsea memang menggila di kompetisi tersebut. Musim lalu, meski baru dipegang pada babak 16 besar, Chelsea melaju mulus hingga final sebelum mengalahkan Manchester City.

Dalam perjalanan di fase gugur, Chelsea bahkan cuma kebobolan dua kali dan mencatatkan lima kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

Performa mantap itu dilanjutkan musim ini saat mempertahankan gelar juara. Meski sempat kalah dari Juventus di matchday kedua, Chelsea terbilang stabil karena mampu melibas lawan-lawan lainnya seperti Zenit St Petersburg dan Malmo.

Alhasil tiket babak 16 besar bisa diraih sebelum fase grup tuntas saat gantian menjamu Juventus di Stamford Bridge, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. Chelsea tampil sempurna dan melibas jagoan Italia itu dengan skor 4-0!

Semua gol dibagi rata ke Trevor Chalobah, Reece James, Callum Hudson-Odoi, dan Timo Werner. Chelsea pun membalas kekalahan 0-1 di pertemuan pertama dan memuncaki Grup H dengan 12 poin untuk lolos ke perdelapanfinal.

Hasil ini juga mempercantik catatan Chelsea bersama Tuchel yang memenangi lima pertandingan kandang awalnya di Liga Champions, dan cuma kebobolan satu gol!

Satu gol itu pun didapat Chelsea saat melakoni partai usiran di Lisbon musim lalu pada leg kedua perempatfinal Liga Champions kontra Porto. Sisanya selalu berakhir clean sheet.

Chelsea bahkan punya empat clean sheet musim ini, catatan yang tak mungkin disamai tim lain di satu matchday tersisa dan jadi tim dengan pertahanan terbaik, cuma bobol sekali.

Ada 12 tim yang pernah melakukan itu sebelumnya, salah satunya adalah si Biru pada 2005/2006 saat membuat tujuh gol dan kebobolan satu.

Gila betul, Chelsea.

(mrp/pur)