Apa Jadinya MU Tanpa Ronaldo di Liga Champions?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 24 Nov 2021 06:35 WIB
Villarreal -

Manchester United memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions. Tiket itu takkan bisa diraih tanpa jasa Cristiano Ronaldo musim ini.

Setelah memecat Ole Gunnar Solskjaer, MU yang dipimpin manajer interim Michael Carrick melawat ke Estadio de la Ceramica, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB, pada matchday kelima Grup F.

Butuh kemenangan untuk bisa lolos dari fase grup, MU bermain di bawah tekanan sedari awal laga. Villarreal beberapa kali hampir menciptakan gol lewat peluang demi peluang yang didapat.

MU kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-78 setelah Ronaldo memaksimalkan kesalahan di lini belakang Villarreal. Sepakan lobnya melewati adangan Geronimo Rulli.

Sebelum Jadon Sancho memastikan kemenangan 2-0 MU lewat golnya di menit ke-89. MU mendapat tambahan tiga poin untuk lolos ke babak 16 dengan 10 poin dari lima laga.

Meski masih menyisakan satu laga dan cuma selisih tiga poin dari Villarreal di urutan kedua, MU unggul head-to-head. Kelolosan MU ini tak lepas dari peran Ronaldo.

Golnya membuat MU bisa lepas dari tekanan dan angin berubah untuk tim tamu. Ini adalah gol keenam Ronaldo di Liga Champions dari lima pertandingan.

Itu artinya Ronaldo selalu bikin gol di setiap laga fase grup dan jadi pemain pertama dari klub Inggris yang melakukannya. Rasio golnya adalah setiap 72 menit sekaligus mencetak minimal 10 gol atau lebih untuk 17 musim beruntun.

Catatan apik itu membuktikan bahwa Cristiano Ronaldo adalah nyawa MU di kompetisi ini. Tanpa enam gol penyerang Portugal itu, MU bukannya di puncak melainkan posisi terbawah Grup F dengan tiga poin dan bisa saja tersingkir dari Eropa!

Dalam skenario itu, Villarreal ada di puncak dengan sembilan poin disusul Atalanta dengan delapan poin dan Young Boys dengan tiga poin.

(mrp/pur)