Malam Bersejarah West Ham Usai Pukul Jagoannya Liga Europa

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 18 Mar 2022 16:45 WIB
West Hams Declan Rice, top celebrates with teammate West Hams Mark Noble as the whistle blows for the end of extra time during the Europa League round of 16 second leg soccer match between West Ham United and Sevilla at the London stadium in London, Thursday, March 17, 2022. West Ham defeated Sevilla 2-0 on the night and 2-1 over the two legs. (AP Photo/Matt Dunham)
Kemenangan bersejarah West Ham United (AP/Matt Dunh)
London -

West Ham United melaju ke perempatfinal Liga Europa. Malam bersejarah The Hammers yang berhasil menyingkirkan Sevilla, jagoannya di ajang ini.

West Ham dalam posisi tertinggal 0-1 saat menjamu Sevilla pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di London Olympic stadium, Jumat (18/3/2022) dini hari WIB.

Butuh kemenangan selisih dua gol, West Ham bermain agresif sejak menit awal. Mereka memimpin 1-0 pada menit ke-39 lewat Tomas Soucek.

Setelah memimpin 1-0, West Ham beberapa kali nyaris terancam karena Sevilla berupaya membalas. Skor tersebut dipertahankan hingga akhir waktu normal dan laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di sinilah, West Ham mencuri momentum saat Andriy Yarmolenko menjebol gawang Yaccine Bounou pada menit ke-112. West Ham menang 2-0 dan melaju ke perempatfinal Liga Europa dengan keunggulan 2-1.

Bagi West Ham, ini adala kemenangan bersejarah karena ini jadi kali pertama dalam 41 tahun, mereka mampu menembus perempatfinal kompetisi Eropa.

Apalagi diraih atas Sevilla, tim yang begitu digdaya di Liga Europa. Menurut Squawka, sejak 2013/2014, Sevilla cuma dua kali gagal melaju ke final. Sebelum ini, Sevilla tersingkir pada 2019 usai dikalahkan Slavia Praha.

West Ham United juga jadi tim Inggris pertama yang menyingkirkan Sevilla di Liga Europa!

"Saya sangat dengan dukungan penonton, mereka selalu mendukung kami sampai akhir dan kami pun mendapatkan gol di menit-menit. Kami pantas lolos, kami mampu meredam mereka sepanjang laga ini, kami tidak memberikan mereka ruang sama sekali," ujar manajer West Ham David Moyes seperti dikutip situs resmi klub.

"Jangan lupa juga mereka sekarang ada di posisi kedua LaLiga. Atletico Madrid kalahkan Manchester United, Villarreal mengalahkan Juventus, jadi jangan remehkan kualitas tim Spanyol, khususnya Sevilla yang memang merajai kompetisi ini dan sangat sulit dikalahkan," sambungnya.

(mrp/aff)