Real Madrid Cetak Gol, Virgil van Dijk Diledek Mirip Harry Maguire!

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 29 Mei 2022 15:30 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 28: Virgil van Dijk of Liverpool FC gestures during the UEFA Champions League final match between Liverpool FC and Real Madrid at Stade de France on May 28, 2022 in Paris, France. (Photo by Alex Gottschalk/DeFodi Images via Getty Images)
Bek Liverpool, Virgil van Dijk. (Foto: DeFodi Images via Getty Images)
Paris -

Gaya bertahan Virgil van Dijk saat Real Madrid membuat gol di final Liga Champions disorot. Aksi bek Liverpool itu dinilai mirip Harry Maguire.

Liverpool kalah dari Madrid di Stade de France, Paris, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. The Reds takluk 0-1 dan gagal juara Liga Champions.

Gol Madrid dicetak di babak kedua. Vinicius Junior yang membobol gawang Alisson Becker, yang kemudian memastikan sukses Los Blancos hingga peluit panjang berbunyi.

Gol itu berawal dari tusukan Federico Valverde di sisi sayap kanan Madrid. Pemain Uruguay itu merangsek masuk ke kotak penalti Liverpool.

Saat Valverde membuat penetrasi, Van Dijk sebenarnya berada di depannya persis. Bek asal Belanda itu coba menghalaunya.

Alih-alih membuat tekel atau mengadang langsung Valverde, Van Dijk berusaha sabar menutup pergerakannya. Sampai akhirnya, Valverde membuat umpan datar ke tiang jauh sisi kiri gawang Liverpool.

Di sana, Vinicius tak terjaga, lolos dari pengawalan Trent Alexander-Arnold. Winger Brasil itu kemudian bisa mencocor masuk bola ke gawang Liverpool.

Selain kelalaian Alexander-Arnold menutup pergerakan Vinicius, ada pemain Liverpool lainnya yang disorot usai gawang timnya bobol. Adalah Van Dijk yang diledek.

Saat berusaha mengadang Valverde, Van Dijk cuma membuat gerakan tekel dengan menyorongkan kaki kirinya belakangnya. Bola yang dikirim Valverde sendiri tak kena tekel itu, sehingga bisa menuju Vinicius.

Gaya bertahan Van Dijk itu kemudian ramai dibahas netizen. Bek berusia 30 tahun itu dinilai membuat aksi pertahanan yang buruk.

Bahkan, ada yang menyamakan Van Dijk dengan Maguire, bek Manchester United. Maguire sendiri kerap membuat tekel ke belakang, yang mana gaya itu tak cukup efektif untuk menghalau pergerakan bola lawan.

Opta mencatat, performa Van Dijk tak bersinar di final Liga Champions. Eks pemain Celtic dan Southampton itu cuma membuat 50 sentuhan, sekali clearance, dua kali duel, dan tak membuat tekel sukses sama sekali.

(yna/adp)