AS Roma Vs HJK: Dybala Cs Pesta Gol 3-0

ADVERTISEMENT

AS Roma Vs HJK: Dybala Cs Pesta Gol 3-0

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 03:58 WIB
Jakarta -

AS Roma merebut kemenangan pertamanya di Liga Europa 2022/2023. Giallorossi mencukur HJK 3-0 lewat Paulo Dybala, Lorenzo Pellegrini, dan Andrea Belotti.

AS Roma menjamu wakil Finlandia, HJK, di Olimpico, Jumat (16/9/2022) dini hari WIB. Giallorossi langsung diuntungkan kartu merah lawannya pada menit ke-15, setelah Miro Tenho sebagai pemain terakhir melanggar Andrea Belotti.

Namun keunggulan pemain belum bisa dimaksimalkan Roma pada babak pertama yang berakhir tanpa gol. Baru di babak kedua, I Lupi mulai membuka keran golnya.

Paulo Dybala langsung membawa Roma memimpin pada menit ke-47, hanya semenit setelah masuk lapangan. Lorenzo Pellegrini mencetak gol kedua dua menit berselang, disusul gol Belotti pada menit ke-68.

Ini jadi kemenangan pertama Roma di Liga Europa musim ini, dengan sebelumnya kalah dari Ludogorets Razgrad pada Matchday 1. Pasukan Jose Mourinho sementara ada di posisi tiga Grup C dengan tiga poin, di belakang Ludogorets dengan poin yang sama.

Real Betis memimpin klasemen dengan enam poin. Sementara HJK di posisi terbawah tanpa poin.

Jalannya Pertandingan

Tembakan Nicolo Zaniolo di awal laga masih meleset. HJK balas mengancam melalui tembakan Santeri Hostikka, dengan upaya pertama membentur pemain dan yang kedua melambung.

Lucas Lingman melakukan kesalahan dan bola direbut Andrea Belotti, sampai kemudian ia dijatuhkan oleh Miro Tenho. Wasit mulanya mengacungkan kartu kuning, namun Video Assistant Referee (VAR) memintanya mengecek kejadian di monitor.

Wasit lantas menarik kartu kuning dan ganti mengacungkan kartu merah! Sebab Tenho menjadi orang terakhir saat melanggar Belotti.

Tusukan Belotti pada menit ke-24 dilanjutkan umpan ke Nicolo Zaniolo. Zaniolo menyambarnya dengan sepakan voli yang berakhir melebar.

HJK sempat mengancam. Roma gagal mengamankan situasi tendangan bebas dan umpan silang David Browne ditanduk Arttu Hoskonen, bola cuma menyerempet gawang.

Sepakan Zaniolo dihalau kiper pada menit ke-27. Matias Vina menjemput bola dan mengoper ke Pellegrini, namun sundulannya berakhir melebar. Sepakan Belotti empat menit berselang masih bisa diamankan kiper.

Tembakan jarak jauh Bryan Cristante pada menit ke-41 masih bisa diamankan kiper. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Jose Mourinho memasukkan Paulo Dybala dan Chris Smalling selepas turun minum. Masuknya Dybala langsung berdampak buat Roma.

Babak kedua baru berjalan semenit saat Dybala mencetak gol. Umpan tarik Pellegrini disambar Dybala pada kesempatan pertama dan berakhir di pojok kanan bawah gawang.

GOL! Roma memimpin 2-0 pada menit ke-49. Umpan silang Zaniolo dari kiri sempat mengenai pemain HJK lalu membentur dada Pellegrini dan masuk ke gawang.

Peluang bagus lain dari Roma pada menit ke-61. Sodoran dari Dybala dicocor oleh Zaniolo, namun bola cuma bergulir tipis di kanan gawang.

GOL! Roma unggul 3-0 setelah umpan tarik Zaniolo dari kiri disambar Belotti di depan gawang.

Roma terus mendesak tamunya. Sepakan Edoardo Bove terhalang, sementara peluang dari Tammy Abraham cuma mengarah tepat ke kiper.

Roma mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-87 setelah Belotti dilanggar Aapo Halme. Eksekusi Abraham cuma melesat tipis ke atas gawang. Tembakan jarak jauh Mady Camara tak lama berselang meluncur ke samping kanan gawang.

Tembakan kaki kanan Dybala dari depan kotak penalti pada menit ke-91 terlalu lemah, sehingga mudah saja buat kiper Conor Hazard. HJK sempat mengancam di menit-menit akhir, saat tendangan bebas Nassim Boujellab dari kiri mengarah langsung ke gawang dan memicu kemelut.

Tapi pertahanan Roma mengamankan situasi dengan baik. Kemenangan 3-0 pun dikunci.

Susunan pemain:

AS Roma: Rui Patricio; Rick Karsdorp, Gianluca Mancini, Ibanez (Chris Smalling 46'), Matias Vina (Paulo Dybala 46'); Bryan Cristante (Mady Camara 64'), Nemanja Matic; Nicolo Zaniolo (Tammy Abraham 76'), Lorenzo Pellegrini (Edoardo Bove 69'), Leonardo Spinazzola; Andrea Belotti

HJK Helsinki: Conor Hazard; Jukka Raitala, Miro Tenho, Arttu Hoskonen (Arajuuri 46'); David Browne, Santeri Vaananen, Lucas Lingman (Boujellab 69'), Perparim Hetemaj (Halme 46'); Santeri Hostikka (Peltola 23'), Malik Abubakari, Pyry Soiri (Olusanya 66')

(raw/bay)

ADVERTISEMENT