Kapan Drawing 16 Besar Liga Champions? Ini Informasi Lengkapnya

ADVERTISEMENT

Kapan Drawing 16 Besar Liga Champions? Ini Informasi Lengkapnya

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 03 Nov 2022 17:30 WIB
NYON, SWITZERLAND - JULY 18:  Draw balls are shuffled during the UEFA 2014/15 Champions League third qualifying rounds draw at the UEFA headquarters, The House of European Football, on July 18, 2014 in Nyon, Switzerland.  (Photo by Harold Cunningham/Getty Images for UEFA)
Ilustrasi drawing Liga Champions. Foto: Harold Cunningham/Getty Images for UEFA
Jakarta -

Setelah fase grup selesai, Liga Champions kini akan mulai memasuki babak 16 besar. Berikut informasi seputar drawing 16 besar Liga Champions.

Liga Champions 2022/2023 tinggal menyisakan 16 tim; delapan yang lolos dari fase grup di posisi pertama dan delapan lainnya yang berstatus runner-up grup. Kini ke-16 tim itu akan menantikan proses drawing 16 besar Liga Champions.

Kapan drawing 16 besar Liga Champions?

  • Seperti dilansir UEFA.com, drawing 16 besar Liga Champions akan dihelat di Nyon, Swiss, pada hari Senin tanggal 7 November. Seremoni drawing dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Di mana drawing 16 besar Liga Champions bisa disaksikan?

  • Proses drawing tersebut bisa dilaksikan secara live streaming via UEFA di link berikut ini.

Siapa saja tim di 16 besar Liga Champions?

  • Juara grup Liga Champions (unggulan): Bayern, Benfica, Chelsea, Manchester City, Napoli, Porto, Real Madrid, Tottenham.
  • Runner-up grup Liga Champions (non-unggulan): Club Brugge, Dortmund, Frankfurt, Inter, Leipzig, Liverpool, Milan, Paris Saint-Germain.

Apakah tim dari satu negara bisa saling berhadapan di 16 besar Liga Champions?

  • Di babak 16 besar ini, tim-tim satu negara tidak bisa saling berhadapan. Tim-tim juga tidak lagi bisa menghadapi lawan yang sudah mereka lawan di fase grup.

Apakah 16 besar Liga Champions digelar dua leg? Bagaimana peraturannya?

Seperti sebelumnya, duel di 16 besar Liga Champions akan dimainkan dua leg, kandang dan tandang. Tim yang masuk kategori unggulan akan menjadi tuan rumah di leg kedua.

Sebagai pengingat, aturan gol tandang saat ini sudah ditiadakan. Artinya, saat sebuah duel tetap berimbang selama 180 menit, laga akan masuk ke extra time terlepas dari jumlah gol di kandang maupun tandang.

Jika kedua tim masih tetap berimbang usai waktu tambahan 30 menit, laga harus dituntaskan lewat adu penalti.

Kapan 16 besar Liga Champions mulai bergulir?

  • Menurut situs UEFA, jadwal 16 besar Liga Champions untuk leg pertama akan dimulai pada 14/15/21/22 Februari waktu setempat, dengan leg kedua pada 7/8/14/15 Maret.
  • Drawing untuk perempatfinal, semifinal, dan final akan digelar pada hari Jumat, tanggal 17 Maret 2023.

Kapan final Liga Champions 2023?

  • Final Liga Champions 2022/2023 akan dilangsungkan pada 10 Juni 2023, bertempat di Atatürk Olympic Stadium kota Istanbul, Turki.

(krs/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT