detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 26 Des 2013 15:08 WIB

Kilas Balik Olahraga 2013 (Januari)

Pengakuan Lance Armstrong dan Quat-trick Djokovic di Australia Terbuka

- detikSport
Getty Images/Paul Crock Getty Images/Paul Crock
Jakarta - Lance Armstrong akhirnya mengaku telah menggunakan doping dalam acara Oprah Winfrey Show. Sementara Novak Djokovic merayakan quat-trick titel Australia Terbuka secara bertutut-turut dengan bagi-bagi cokelat.

Dalam wawancara yang dilakukan di Austin, Texas, Amerika Serikat, Armstrong mengaku menggunakan doping ketika ditanya oleh Oprah. Ia tak menyangkal telah menggunakannya untuk memenangi tujuh gelar juara Tour de France secara berturut-turut pada 1999-2005.

Pernyataan ini mengonfimasi hukuman yang telah dijatuhkan padanya oleh USADA (Badan Doping Amerika Serikat) sebelumnya, di mana tujuh gelarnya dicabut dan diskors seumur hidup dari balap sepeda. Hukuman lebih dulu dikenakan kepadanya karena sebelum mengakui perbuatannya kepada Oprah, Armstrong memutuskan tidak memberikan perlawanan lagi atas tudingan-tudingan USADA. Ia hanya mengaku pasrah kala itu.

Selain tujuh gelar Tour de France yang digugurkan, Armstrong juga ditinggalkan para sponsornya dan pencabutan medali perunggu Olimpiade 2000. Tuntutan-tuntutan pun menjeratnya.

Beralih ke tenis, di mana Djokovic berhasil meraih titel ketiganya secara berturut-turut, atau yang keempat secara keseluruhan, di Australia terbuka. Bermain selama tiga jam 50 menit di Rod Laver Arena, petenis Serbia itu menundukkan Andy Murray dengan skor 6-7 (2-7) 7-6 (7-3) 6-3 6-2 pada laga final.



Titel ini menambah koleksi gelarnya di ajang tersebut menjadi empat buah, yang sebelumnya ia raih pada 2008, 2011, dan 2012. Djokovic pun menorehkan rekor sebagai petenis pertama di era Open yang bisa memenangi Australia Terbuka tiga tahun berturut-turut.

Ia lantas merayakannya dengan cara yang cukup unik, yakni membagi-bagikan cokelat kepada para wartawan dari berbagai negara yang datang meliput. Petenis kelahiran 22 Mei 1987 itu mengaku ingin memberikan kegembiraan kepada orang-orang di sekitarnya, yang bisa memberinya tambahan energi untuk terus memenangi kejuaraan.

Sementara di sektor putri, Victoria Azarenka menjadi juara dan menggondol titel grand slam kedua dalam kariernya. Ia mengalahkan Li Na dalam waktu dua jam 40 menit dengan skor 4-6, 6-4, dan 6-3.

Di ajang balap Formula 1, Lotus menjadi tim pertama yang memperkenalkan 'Jet Darat' andalannya untuk bersaing di musim 2013. Mobil berlabel E21 itu jadi tunggangan Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean.

Dari dalam negeri, duo rider top MotoGP Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi kembali datang mengunjungi Indonesia. Keduanya datang atas undangan pabrikan tim mereka, Yamaha.

Yamaha mengundang Lorenzo dan Rossi sekaligus untuk meresmikan desain baru logo tim balap mereka: 'Semakin Di Depan'. Khusus bagi Rossi, kunjungan ini terasa lebih spesial karena merupakan pertama kalinya sejak memutuskan kembali ke Yamaha usai sempat memperkuat Ducati.

Sementara itu, Roy Suryo ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru menggantikan Andi Mallarangeng. Jabatan Menpora sempat diemban sementara oleh Agung Laksono, setelah Andi mengundurkan diri akibat terjerat kasus proyek Hambalang dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penunjukkan ini cukup mengejutkan mengingat Roy tak punya pengalaman dan latar belakang di dunia olahraga.




(raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed