detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 10 Jun 2015 11:14 WIB

SEA Games

Filipina Ragukan Jenis Kelamin Salah Satu Pemain Timnas Voli Indonesia

Femidiah - detikSport
Singapura -

Belum juga bergulir, babak penyisihan grup B bola voli indoor putri di SEA Games 2015 di Singapura sudah diwarnai kontroversi. Filipina mempertanyakan jenis kelamin salah satu pemain tim nasional bola voli indoor putri Indonesia.

Protes itu ditujukan Filipina kepada panitia pertandingan SEA Games. Mereka meminta agar ada pemeriksaan jenis kelamin Aprilia Santini Manganang, spiker timnas Indonesia.

"Kami sudah mengajukan berkas (keberatan), terserah kepada manajer pertandingan untuk meneruskannya kepada federasi bola voli atau pengurus voli di sini," kata juru bicara dari tim voli Filipina seperti dikutip AFP.

Filipina memang berada dalam pada Grup B bersama Indonesia serta Malaysia dan Filipna. Pertandingan pertama akan dimulai siang ini (10/6/2015) antara Vietnam menghadapi Malaysia dilanjutkan dengan Indonesia versus Filipina.

Protes sudah dikemukakan oleh pelatih Filipina, Roger Gorayeb, sejak beberapa hari lalu. Pernyataan itu ramai diberitakan media lokal Filipina Inquirer.

"Dia (Aprilia) kuat sekali. Itu seperti memasukkan pemain putra ke dalam tim putri," kata Gorayeb.

"Dia mau main atau tidak, tak masalah karena kami akan tampil sebaik mungkin," jelas dia.

Tes gender masih menjadi hal yang sensitif dan berpeluang memancing kontroversi karena bakal berdampak terhadap psikologis atlet yang bersangkutan. Padahal, proses pembuktian cukup rumit dan memakan waktu.





(fem/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com