DetikSport
Rabu 26 Agustus 2015, 14:06 WIB

Infografis

Tersengat 'Lightning' Bolt

Andhika Akbaryansyah - detikSport
Tersengat Lightning Bolt PUMA
Jakarta -

Manusia tercepat di bumi. Usain St. Leo Bolt sudah memegang status itu dalam enam tahun terakhir. Total ada 19 medali emas kejuaraan atletik dia dapatkan, itu belum termasuk setumpuk rekor yang belum akan berhenti dia pecahkan.

Bolt memegang rekor sebagai sprinter tercepat setelah dia menembus waktu 9,58 detik saat tampil di Kejuaraan Dunia Atletik yang dilangsungkan di Berlin tahun 2009 lalu. Setelah itu dia nyaris tak terkalahkan di kejuaraan-kejuaraan lari jarak pendek.

Dua kali beruntun dia merebut medali emas Olimpiade Beijing dan London nomor 100 meter. Sementara pada kejuaraan dunia 2013 dan 2015 yang berturut-turut dihelat di Moskow dan Beijing dia juga menjadi yang terbaik pada nomor yang sama.

Hebatnya, sprinter kelahiran 21 Agustus 1986 itu juga punya banyak prestasi di nomor 200 meter. Sebelum meraih emas Olimpiade pertama di 2008 dia justru lebih dulu mengukir banyak prestasi di nomor 200 meter, baik di level junior maupun senior.

Bolt meraih medali emas di nomor 200 m pada Olimpiade Beijing dan London. Di nomor yang sama dia juga meraih medali emas pada kejuaraan dunia atletik 2013.

Atas prestasi-prestasinya itu Bolt sudah dianugrahi Atlet Terbaik IAAF, Track & Field Athlete of the Year, serta tiga kali memenangi Laureus World Sportsman of the Year. Bolt diklaim sebagai salah satu atlet dengan nilai jual paling tinggi di dunia dan menjadi atlet dengan bayaran paling tinggi di atas lintasan lari.

Atas tiga medali emas yang didapat di Kejuaraan Dunia Atletik Bolt menjadi atlet paling sukses di cabang atletik dalam 30 tahun terakhir.




(din/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed