detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Okt 2015 11:08 WIB

Fans Bantu Galang Dana, Rio Haryanto Mengaku Tersentuh

Rossi Finza Noor - detikSport
detikSport/Rossi Finza Noor detikSport/Rossi Finza Noor
Jakarta - Sadar bahwa Rio Haryanto butuh dana yang tidak sedikit untuk tampil di Formula 1, fans-nya langsung menggalang dana. Melihat hal ini, Rio pun mengaku tersentuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rio membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk bisa melakoni balapan di Formula 1. Untuk bisa menduduki satu kursi di tim F1, ia butuh dana 15 juta euro (sekitar Rp 222,5 miliar). Sejauh ini, Pertamina dikabarkan bersedia memberi 5 juta euro (sekitar Rp 74 miliar), sementara sisanya Rio harus mencari sendiri.

Selain sudah mencari dukungan ke pemerintah, Rio juga mengaku sudah mendatangi beberapa perusahaan swasta untuk menjadi sponsor. Pebalap berusia 22 tahun itu diberikan deadline hingga pertengahan November oleh tim F1 yang ditujunya untuk mendapatkan sponsor.

Melihat ini, Sahabat Rio, yang merupakan barisan pendukung pebalap kelahiran Solo itu, berinisiatif menggalang dana. Adalah Catur Sunaryo, selaku admin untuk akun Twitter @SahabatRio, yang pertama kali mencetuskan ide itu dengan membuat sebuah situs, yakni kitabisa.com/indonesiaf1.

Rio mengaku tidak menyangka dengan dukungan itu. Ia terkejut dan juga berterima kasih karenanya.

"Saya sebenarnya tidak menyangka. Kemarin itu juga soal menggalang dana dari Sahabat Rio juga inisiatif mereka, jadi saya amat tersentuh juga, ya, melihat dukungan mereka," ujar Rio kepada detikSport.

Kendati tidak berdomisili di Indonesia selama mengikuti balapan, Rio biasanya mengadakan acara kumpul bareng penggemar tiap kali dia pulang ke Indonesia. Kini, Rio adalah salah satu pebalap GP2 dengan penggemar terbanyak.

"Mereka sangat setia. Kemarin pas ke Solo, saya juga sempat ada acara dengan mereka. Mereka juga terus mengikuti perkembangan saya dari sosial media, sampai soal bagaimana perkembangan sponsor dari pemerintah juga mereka mengikuti.

"Bahkan kalau saya dengar dari komentator di GP2, mereka sempat menyebut bahwa saya adalah pebalap dengan penggemar terbanyak, dan ini belum pernah terjadi sebelumnya di GP2," kata Rio.



(roz/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com