detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 18 Feb 2016 13:43 WIB

Setelah Pesaing Tinggal Satu, Bagaimana Peluang Rio?

Rossi Finza Noor - detikSport
Jakarta - Rio Haryanto dikabarkan kian dekat untuk menjadi pebalap Manor setelah satu pesaingnya mengundurkan diri. Lalu, bagaimana peluang Rio?

Rabu (17/2) lalu, Will Stevens, yang selama musim 2015 membalap semusim penuh untuk Manor, memutuskan mengundurkan diri. Stevens, menurut media Inggris, The Telegraph, tidak mampu memenuhi permintaan uang sponsor Manor. Stevens mengajukan paket senilai 7 juta euro, sesuai yang ia bayarkan musim lalu, namun Manor meminta 15 juta euro.

Nilai 15 juta euro itu jugalah yang diminta Manor kepada Rio jika ingin menjadi driver mereka. Sampai beberapa hari lalu, Rio masih belum memenuhi uang panjar sebesar 5,5 juta euro yang diminta Manor. Yang baru disetorkan sebatas 3 juta euro "saja".

[Baca Juga: Rio Haryanto, Pay Driver, dan Model Perekrutan Pebalap F1]

Beberapa pengusaha Indonesia, termasuk Sandiaga Uno, menyatakan kesediaannya untuk membantu. Namun, waktu kian mendesak. Pada tanggal 22 Februari, Manor sudah harus melakoni tes di Barcelona, Spanyol. Sebelum menjalani tes tersebut, ada kemungkinan mereka sudah memastikan line-up pebalap mereka.

[Baca Juga: Ini Gambaran Mahalnya Berkompetisi di F1]

Sejauh ini, baru Pascal Wehrlein yang pasti menjadi pebalap Manor. Sementara, Rio masih harus bersaing dengan Alexander Rossi, yang musim lalu juga sempat mengikuti beberapa seri bersama tim asal Inggris tersebut.

Rio menegaskan bahwa dia tidak ingin berbagi kursi. Ia terus mengusahakan untuk bisa membalap semusim penuh bersama Manor.

[Baca Juga: Rio Tak Ingin Berbagi Kursi Mau Membalap Semusim Penuh]

Kendati Rio --sampai saat ini-- belum memberikan pernyataan apakah dia sudah mendapatkan sokongan dana yang cukup, beberapa media Inggris meyakini bahwa satu kursi Manor hampir pasti menjadi miliknya. Telegraph menyebut, ia mendapatkan dukungan dana dari sebuah perusahaan minyak.

Satu-satunya perusahaan minyak yang menjadi sponsor Rio adalah Pertamina. Tahun ini, mereka tetap berkomitmen untuk memberikan sokongan dana sebesar 5 juta euro.

Kamis (18/2) sore di Jakarta, Pertamina berencana menggelar konferensi pers terkait Rio. "Nanti, akan kita jelaskan semuanya di situ," ujar VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, kepada detikSport.



(roz/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed