DetikSport
Jumat 07 Oktober 2016, 19:31 WIB

TAFISA Games 2016

Dari Bavaria Menyebarkan Kedamaian Lewat Goasslschnalzen dan Rhoenrad

Lucas Aditya - detikSport
Dari Bavaria Menyebarkan Kedamaian Lewat Goasslschnalzen dan Rhoenrad Foto: Lucas Aditya/detikSport
Jakarta - Panggung untuk pentas seni juga disediakan di Tafisa Games 2016. Kontingen Jerman dari daerah Bavaria membawa pesan perdamaian lewat panggung itu.

Bertempat di area parkir pusat Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, arena untuk mempersembahkan pertunjukan dan olahraga tradisional disediakan. Satu persatu tim yang sudah siap tampil mempertontonkan kebolehannya.

Tim Tafisa asal Jerman tampil lengkap dengan busana daerah mereka, lederhosen. Mereka mempertunjukkan Goasslschnalzen, sebuah olahraga permainan cambuk dengan iringan musik. Bunyi pecutan cambuknya sebisa mungkin seirama dengan musik yang mengiringi.

Para pemain cambuk berdiri saling berhadapan untuk bersahut-sahutan membunyikan cambuk yang dipegang. Penampil dalam atraksi itu ada lima orang.

Satu lagi olahraga yang dipertontonkan adalah Rhoenrad. Permainan ini merupakan atraksi yang bisa dibilang merupakan cabang dari gymnastic. Olahraga menggunakan roda besar ini mulai diperkenalkan mulai tahun 1925 oleh Otto Feick. Olahraga ini populer di bagian selatan Jerman.

Manajer kepala federasi senam Bavaria, Peter Pfeuffe, mengungkapkan misinya memperkenalkan dua olahraga ini.

"Saya sadar bahwa di Indonesia olahraga dan permainan ini masih asing. Padahal, Rhoenrad ada kejuaraan dunianya tiap dua tahun sekali. Untuk itu, saya cuma ingin membuat para penonton terkesan dan mulai tertarik dengan ini," kata Pfeuffe saat berbincang dengan pewarta.



"Pakaian lederhosen seperti itu biasa kami kenakan saat hari Minggu. Kami biasa mengenakan itu di hari untuk keluarga, atau pergi ke gereja."

"Penonton tadi cukup antusias dan senang. Kami juga senang bisa melihat hal itu."

"Untuk penampilan kali ini, kami berlatih selama empat bulan, dan jadwal latihan sebanyak tiga kali dalam sepekan," imbuhnya.

Pfeuffe juga mengungkapkan misi lanjutan yang hendak dia capai di Tafisa kali ini, tak sekadar memperkenalkan goasslschnalzen dan rhoenrad.

"Saya ingin menyebarkan kedamaian lewat apa yang saya bawa ini. Dengan ajang seperti ini, kami bisa bertemu banyak orang, melihat budaya dan permainan dari negara lain," kata Pfeuffe.

"Perdamaian di dunia itu bisa dicapai kalau kita saling berbicara satu sama lain. Dan olahraga merupakan cara yang bagus untuk melakukan itu. Sarana yang bagus untuk bisa mengerti semua orang."

"Yang jelas, saya senang bisa mengenal banyak permainan baru dari acara ini," tambah pria yang mengaku sebagai fans dari Bayern Munich ini.
(cas/din)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed