detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 07 Jan 2017 18:11 WIB

Sudah Dapat Calon CdM SEA Games 2017, KOI Masih Belum Sodorkan ke Pemerintah

Mercy Raya - detikSport
Foto: Screenshot Foto: Screenshot
Jakarta - Alex Noerdin sudah dijadikan calon Chef de Mission (CdM) SEA Games 2017 oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Tapi KOI belum juga mengusulkannya ke pemerintah.

"Belum, kami belum dapat usulan namanya," kata Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora.

Juru Bicara KOI Hellen Sarita de Lima sebelumnya mengatakan jika sudah ada satu kandidat CdM SEA Games, yakni Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Nama Alex muncul dari hasil rapat Komite Eksekutif KOI beberapa waktu lalu.

[Baca juga: Penunjukkan CdM Kontingen Indonesia di SEA Games 2017 Dilakukan Januari]

Pertimbangannya salah satunya adalah karena Alex dekat dan mengerti olahraga. Meski demikian, sekalipun sudah dipandang tepat oleh KOI namun keputusan akhirnya akan berada di tangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

"Ya, kalau cuma Bapak Alex saja kandidatnya dan bapak menteri firm kenapa tidak? Tetapi jika ternyata menteri bertanya tidak ada yang lain? ya bisa diubah usulannya," ungkap Gatot.

"Menteri kan juga punya second opinion atau pandangan lain dan yang berhak menentukan ujungnya Kemenpora juga, wong anggarannya dari Kemenpora kok."

"KOI tetap berhak mengusulkan tetapi kunciannya di Kemenpora, siapapun nama yang muncul. Kami berharap CdM sudah bisa ditetapkan paling lambat lima bulan sebelum event, atau Februari 2017," ujarnya. (mcy/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com