DetikSport
Selasa 10 Jan 2017, 08:44 WIB

Palembang Menyambut Asian Games 2018 (2)

Jakabaring Sport City: Siap Setiap Saat

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Jakabaring Sport City: Siap Setiap Saat Foto: Andi Sururi
Palembang -
[Bagian pertama: Alex Noerdin: Kami Sudah Lebih Siap dari Jakarta]

Saat detikcom berkunjung, JSC tampak sibuk. Mesin-mesin besar hilir-mudik beroperasi untuk memperbaiki akses jalan maupun pembangunan gedung-gedung baru. Untuk fasilitas akomodasi, sudah berdiri tiga dari lima tower rusunawa yang dibangun di areal wisma atlet. Itu berarti, setidaknya JSC akan bisa menampung 5.000 atlet dari negara-negara peserta.

"Rencananya, setelah Asian Games nanti rusunawa ini dapat dipakai untuk hunian masyarakat. Begitu pula dengan apartemen yang juga sudah jadi plan kami. Silakan lho, kalau Anda mau pesan dari sekarang," ucap Alex sambil tertawa.

Selain Asian Games 2018, Jakabaring juga sedang disiapkan untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Sirkuit yang layout-nya didesain oleh Hermann Tilke itu diklaim akan menjadi venue balapan yang cantik, karena akan berpanorama danau yang berada di tengah-tengah kawasan tersebut. [Baca juga: Ini Gambaran Sirkuit Jakabaring untuk MotoGP]

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Nuansa hijau memang menjadi daya tarik tersendiri JSC. Ada begitu banyak ruang terbuka yang dapat dinikmati pengunjung, mulai dari tempat parkir sampai arena permainan. Di depan venue menembak, misalnya, terdapat lapangan besar dengan taman-taman teduh di sekelilingnya. Sore itu detikcom menjumpai banyak warga yang berekreasi di sana. Sebagian mereka duduk-duduk santai bercengkrama di bawah pohon, juga berfoto-foto dengan latar belakang danau.

"Kami bangga Sumsel punya JSC. Dan kami tahu, kami akan menjadi tuan rumah yang baik untuk Asian Games nanti. Kalau di Jakarta, perkembangannya sudah seperti apa, Mas?" cetus Budi Rahmadi (43), seorang warga kota Palembang, saat ia berjalan-jalan di sana bersama istri dan dua orang anaknya.

Selain bersantai, tak sedikit warga yang berolahraga sore di JSC. Ada pula siswa sejumlah Sekolah Sepak Bola (SSB) yang sedang berlatih dan bertanding di sana. Di depan wisma atlet, tersedia pula sebuah masjid, dan 50 meter darinya ada gedung Sport Science. Di dalam areal wisma, ada danau kecil buatan sebagai "penyegar".

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Dengan sistem yang terintegrasi, JSC akan membuat masyarakat mendapatkan akses yang nyaman untuk menyemarakkan Asian Games pada saatnya nanti. Penonton bisa dengan mudah menonton pertandingan cabang-cabang olahraga dalam satu waktu. Mereka tinggal jalan kaki untuk berpindah dari satu venue ke venue yang lain. Jika ingin bertemu langsung dan menyemangati atlet-atletnya, mereka bisa nongkrong di depan wisma atlet. Dan jika lelah, mereka tinggal memilih spot untuk beristirahat di ruang-ruang terbuka yang telah tersedia.

"Kami juga berencana menyediakan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan sebagai alat transportasi di kawasan JSC. Dan perlu dicatat juga, persiapan kami menjadi tuan rumah Asian Games ini tidak mengandalkan APBD, karena kemampuan kami terbatas. Kami melibatkan banyak pihak swasta dan BUMD khususnya untuk fasilitas-fasilitas di JSC," tambah Alex.

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi


Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi


Palembang terus berkembang

Sebagai kota tertua di Nusantara, yang pernah menjadi pusat salah satu kerajaan terbesar di Asia, Sriwijaya, Palembang terus menggeliat. Sejumlah infrastruktur sedang dibangun terutama untuk menghadapi Asian Games 2018 (dan MotoGP).

Salah satu yang paling terlihat adalah pembangunan Light Rail Transport (LRT). Sejak keluar bandara Sultan Badaruddin II, tiang-tiang penyangga LRT sudah berdiri. Jalan kereta layang ini terbentang sepanjang 25 kilometer, dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai komplek Jakabaring. [Baca: Mendahului Jakarta, LRT Palembang Kini Sudah Berbentuk].

Pembangunan lain yang disaksikan detikcom adalah proyek Jembaran Ampera III dan IV. Jembatan yang melintas Sungai Musi yang legendaris itu sengaja diperbanyak guna menghindari penumpukan orang saat menikmati kota hanya pada satu jembatan. Maklum, tidak sah mengunjungi Palembang jika tidak menghabiskan sore di kawasan Musi.

Bandara pun sedang dikembangkan menjadi tiga terminal. Itu semua digenjot pemerintah setempat untuk meyakinkan semua orang, baik publik sendiri maupun internasional, bahwa Palembang benar-benar siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018 – maupun ajang-ajang lain di masa mendatang. Pihak Sumsel menargetkan, semua infrastruktur tersebut mesti selesai hingga akhir tahun 2017.

"Tentu saja kami masih punya sejumlah pekerjaan rumah. Salah satunya adalah agar pemerintah Palembang mempercantik tata kota, dan memperbanyak tempat-tempat hiburan, sehingga lebih representatif dan membuat setiap tamunya merasa lebih nyaman," tambah Alex.

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: dok. Pemprov Sumsel

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi

Pada bagian ini Alex sampai membuatkan video khusus yang ditujukan kepada pemkot Palembang. Video itu membandingkan tata kota Kualalumpur, Singapura, Seoul dan Incheon, yang pernah menghajat event-event olahraga besar bertaraf internasional.

"Ini biar menjadi tugas Pak Walikota untuk terus berbenah, sehingga pada saatnya nanti Palembang semakin keren sebagai destinasi wisata, olahraga, dan investasi," ucap Alex, pria yang sudah dua periode memimpin Sumsel, setelah dua periode menjadi bupati Musi Banyuasin.

Selama dua hari kunjungan detikcom ke Palembang, rasa-rasanya kota ini memang terlihat lebih maju ketimbang Jakarta dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Untuk ini, warga Palembang dan Sumsel boleh berbangga hati.

Jakabaring Sport City: Siap Setiap SaatFoto: Andi Sururi





(a2s/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed