DetikSport
Senin 13 Februari 2017, 19:29 WIB

Sidang Pertama Digelar, Atlet Berkuda Tolak Tuduhan Doping di PON

Mercy Raya - detikSport
Sidang Pertama Digelar, Atlet Berkuda Tolak Tuduhan Doping di PON Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Atlet berkuda Jendry Turangan bersikukuh tidak menggunakan doping. KONI Jateng akan melakukan upaya hukum jika keputusan Dewan Disiplin tidak memuaskan atletnya.

Dewan Disiplin Antidoping Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) melakukan sidang dengar pendapat perdananya pada Senin (13/2/2017) di PP Itkon, Senayan, Jakarta. Hadir dalam sidang itu tiga tim dewan disiplin, perwakilan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) sebagai saksi, perwakilan KONI, serta atlet gagal doping bersama pendamping. Ada dua atlet yang bersidang hari ini. Salah satu atlet bersikeras tidak melakukan doping dan berencana melakukan upaya hukum jika diputuskan bersalah.

Adalah Jendri Turangan, atlet berkuda asal Jawa Tengah, yang mendapat giliran pertama untuk memberikan penjelasan serta pembelaannya terkait kasus yang menimpanya. Jendri gagal doping karena uji sampel A terbukti mengandung zat furosemide dan zat diuretic yang masuk kategori doping.

"Ada dua kemungkinan zat ini bisa masuk dalam tubuh atlet, apakah itu diminum atau lewat suntikan. Tetapi dalam kasus Jendry kemungkinan lewat minuman. Zat ini biasanya digunakan untuk meningkatkan volume pengeluaran urine. Sehingga bisa menyeimbangkan berat badan atau pengurangan berat badan," kata salah satu anggota Dewan Disiplin, Haryono, usai sidang.

Namun, pengacara Jendry, John Richard Latuihamallo, yang juga Kepala Bidang Hukum KONI Jawa Tengah, menampik hal itu. Menurut dia, tidak benar jika atletnya menggunakan doping apalagi tidak pernah ada rekam jejak atlet yang tersangkut kasus seperti itu.

Di samping itu, John juga keberatan sebab sejak awal pengambilan sampel sudah ada beberapa hal yang meragukan. Dimulai dari pengambilan sampel yang tidak sesuai prosedur hingga lokasi tes doping yang tidak steril.
Sidang Doping PON 2016 Jawa BaratSidang Doping PON 2016 Jawa Barat Foto: Mercy Raya/detikSport

"Ada beberapa hal yang membuat kami merasa janggal dan tidak yakin dengan keputusan yang ditujukan kepada atlet kami. Pertama, kami merasa vonis sampel A yang ada tidak sesuai dengan prosedur pengambilan sampel. Artinya kami tidak ada pedamping, juga tidak ada dokter yang mengawasi di sana, selain itu juga tidak steril karena tempatnya banyak orang berlalu lalang," kata John, terpisah.

"Lalu Jendry itu disuruh minum sampai lima botol aqua ukuran satu liter dari panitia dan itu kemasannya ada yang sudah terbuka. Hal lainnya adalah soal legalitas dari siapa yang melaksanakan pengambilan sampel juga tidak jelas.

"Di samping itu, proses doping itu kan belum final tetapi diumumkan secara terbuka dan nasional bahwa ada yang terkena doping. Ini kan menyalahi prosedur, padahal sampel B belum dibuka. Artinya, kami meragukan keberadaan sampel B itu. Dari awal kami meragukan proses pengambilan sampel juga," tambahnya.

"Selain itu, kami juga minta sampel B untuk klien kami untuk dikembalikan ke Indonesia. Karena kami ingin tahu apakah benar DNA daripada urine itu benar punya klien kami atau tidak Sebab, sejak awal sudah ada rekayasa dan prosedurnya tidak benar. Sampel B itu berindikasi urinenya punya orang lain. Karena klien kami tidak pernah melakukan itu."

Meski begitu, John mengatakan akan mengikuti lebih dulu prosedur yang diberikan Dewan Disiplin. Jika hasil keputusan memberatkan kliennya, maka KONI Jateng akan melakukan upaya hukum.

"Ya kita lihat saja. Kalau banding ikuti dulu prosesnya. Tetapi kalau tidak memuaskan kami maka kami harus menempuh jalur lain. Nanti kami pikirkan strateginya seperti apa," tegas John.

"Sebab, sejauh ini atlet kami tidak pernah menggunakan zat doping atau tersangkut doping dan ini dia joki, kalau kudanya yang diberikan doping mungkin saja. Ini kan atletnya buat apa? Kenapa dia harus pakai, kalau selama ini tidak pernah pakai zat tersebut," ucap dia.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Juventus Ditaklukkan Sampdoria 2-3

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 22:54 WIB Juventus menelan kekalahan saat melawat ke markas Sampdoria di lanjutan Liga Italia. Bianconeri ditaklukkan I Blucerchiati dengan skor akhir 2-3.
  • Kevin/Marcus Sudah Raih Lima Gelar di 2017

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 22:28 WIB Kesuksesan di China Terbuka Super Series Premier membuat koleksi gelar Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di tahun 2017 bertambah jadi lima.
  • Foto Sport

    Photo Journalist Workshop Asian Games 2018

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 15:39 WIB Media Public Relation Inasgoc memberikan keterangan kepada para peserta Photo Journalist Workshop di Jakarta, Minggu (19/11).
  • Skor Kevin/Marcus vs Boe/Mogensen Kini Jadi 3-4

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 15:08 WIB Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menipiskan jarak dengan Mathias Boe/Carsten Mogensen dalam hal rekor pertemuan. Skornya kini 3-4.
  • China Terbuka Super Series Premier

    Kevin/Marcus Berjaya di Final

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 13:59 WIB Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai nomor ganda putra di China Terbuka Super Series Premier 2017, usai berjaya atas pasangan Denmark.
  • ATP Finals

    Federer Tumbang, Final Pertemukan Goffin vs Dimitrov

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 06:38 WIB Juara enam kali Roger Federer gagal menambah trofinya di ATP Finals. Federer tumbang di tangan David Goffin, yang akan menghadapi Grigor Dimitrov di final.
  • ABL

    CLS Knights Raih Kemenangan Perdana di ABL

    DETIKSPORT | Minggu 19 November 2017, 02:18 WIB CLS Knights Indonesia memulai kiprahnya di ASEAN Basketball League dengan kemenangan. Menjamu Formosa Dreamers, CLS menang 94-73.
  • Solo Dukung Hari Bersepeda Nasional

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 21:40 WIB Rencana Kemenpora menggodok hari bersepeda nasional terus dimatangkan. Kota Solo pun melakukan ikrar mendukung hari bersepeda nasional tersebut.
  • Gowes Pesona Nusantara Kini Sambangi Ngawi

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 21:35 WIB Gowes Pesona Nusantara (GPN) sudah memasuki etape ke-88 yang dihelat di Ngawi. Kampanye mendukung Hari Bersepeda Nasional digalakkan di seri ini.
  • China Terbuka Super Series Premier

    Ahsan/Rian Kandas, All Indonesian Final Batal Tercipta

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 17:34 WIB Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro terhenti di babak semifinal China Terbuka Super Series Premier 2017. Rencana untuk menciptakan all Indonesian final pun batal.
  • China Terbuka Super Series Premier

    Junhui/Yuchen Mati Kutu dengan Kecepatan Kevin/Marcus

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 16:50 WIB Ganda putra China, Li Junhui/Liu Yuchen, mengakui kecepatan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pada semifinal China Terbuka Super Series Premier.
  • China Terbuka Super Series Premier

    Singkirkan Wakil China, Kevin/Marcus Tembus Final

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 14:54 WIB Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mulus ke babak final China Terbuka Super Series Premier 2017. Mereka mengalahkan Li Junhui/Liu Yuchen dari China.
  • Comeback, Spurs Tekuk Thunder

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 14:22 WIB San Antonio Spurs melakukan comeback gemilang saat menghadapi Oklahoma City Thunder. Tertinggal 23 poin, Spurs akhirnya menang 104-101 atas Thunder.
  • ATP Finals

    Goffin Tantang Federer di Semifinal

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 01:17 WIB David Goffin memastikan diri lolos ke semifinal ATP Finals usai mengalahkan Dominic Thiem. Petenis Belgia itu selanjutnya akan menantang Roger Federer.
  • China Terbuka Super Series Premier

    Dua Ganda Putra Lolos ke Semifinal, Ini Kata Pelatih

    DETIKSPORT | Sabtu 18 November 2017, 00:13 WIB Dua ganda putra Indonesia lolos ke semifinal China Terbuka Super Series Premier 2017. Bagaimana penilaian pelatih terkait pencapaian ini?
  • China Terbuka Super Series Premier

    Tontowi/Liliyana Tersisih di Perempatfinal

    DETIKSPORT | Jumat 17 November 2017, 22:31 WIB Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tak bisa melaju lebih jauh di China Terbuka Super Series Premier. Ganda campuran andalan Indonesia itu tersisih di perempatfinal.
  • Kemenpora Godok Rencana Hari Bersepeda Nasional

    DETIKSPORT | Jumat 17 November 2017, 17:14 WIB Kementerian Pemuda dan Olahraga sedang menggodok rencana adanya Hari Bersepeda Nasional, terkait tingginya animo masyarakat terhadap aktivitas gowes tersebut.
  • ATP Finals

    Federer Sapu Bersih Fase Grup

    DETIKSPORT | Jumat 17 November 2017, 06:35 WIB Roger Federer menyapu bersih seluruh laga fase grup ATP Finals 2017. Sudah dipastikan ke semifinal, Federer tak mengendur saat menghadapi Marin Cilic.