DetikSport
Jumat 24 Maret 2017, 13:17 WIB

Ellyas Pical di Mata Putra Bungsunya

Randy Prasatya - detikSport
Ellyas Pical di Mata Putra Bungsunya Foto: Rachman Haryanto/detikSport
Jakarta - Ellyas Pical adalah sosok yang tidak bisa berdiam diri. Bagaimana sisi lain legenda tinju Indonesia itu di mata anaknya?

Pada hari ini, Jumat (24/3/2017), pria yang akrab disapa Elly itu merayakan hari lahirnya yang ke-57. Meski sudah lama pensiun dari dunia tinju, Elly dinilai masih suka melakukan aktivitas yang berat-berat.

"Papa itu suka ngga bisa diam, mungkin karena dulu mantan atlet. Jada apa yang bisa dia kerjain ya dikerjain. Dia juga bener-bener selalu berusaha memenuhi kebutuhan keluarga," kata anak bungsu Elly, Matthew Leonsio Yunior Pical, 26 tahun.

Meski mengalir darah sebagai seorang petinju, Matthew tidak pernah dijerumuskan Elly ke dunia tinju. Itu dikarenakan Elly melihat anaknya punya potensi di dunia akademisi.

Kendati demikian, Elly tidak pernah melarang anak-anaknya untuk mencoba bertarung di atas ring. Matthew mengisahkan bahwa kakaknya pernah mencoba-coba untuk mengikuti jejak Elly, namun setelah mencoba akhirnya kapok.

[Baca Juga: Selamat Ulang Tahun, Ellyas Pical!]

"Saya sih memang tidak tertarik karier di tinju, tapi olahraga saya juga nggak jauh-jauh sama bela diri, seperti muay thai," sambung pria berkacamata itu.
Ellyas PicalEllyas Pical Foto: Rachman Haryanto

"Dari kecil juga udah dididik supaya nggak jadi petinju. Karena, kalau anaknya memang pintar di akademisi lebih baik disekolahin. Kalau papa dulu memang suka berantem, jadi dialihkan ke dunia tinju. Kalau dipaksakan ke pendidikan formal juga ngga selesai-selesai, karena kebiasaannya dari kecil berantem," beber Matthew.

Elly merupakan petinju pertama Indonesia yang bisa merebut gelar juara dunia. Gelar tersebut disandangnya setelah meraih sabuk juara super flyweight IBF pada 3 Mei 1985. Dia mengalahkan petinju Korea Selatan, Chun Ju Do.

Di era tersebut Elly jadi buah bibir di kalangan warga Indonesia. Bahkan, orang-orang yang tumbuh dewas di era 80-an diyakini sangat tahu bagaimana animo yang dirasakan saat pria asal Maluku itu bertanding.

Nama besar Elly itu rupanya tidak pernah coba dimanfaatkan anaknya untuk berkarier di bidang lain. Matthew ingin berkarier tanpa menjual nama orang tuanya itu.

Ellyas Pical bersama istri Rina Pical, dan putra sulung Lorinly PicalEllyas Pical bersama istri Rina Pical, dan putra sulung Lorinly Pical Foto: Rengga Sancaya

"Tentu sangat bangga punya papa seperti dia. Cuma, saya tipikalnya nggak suka dilebih-lebihin gitu. Misalnya, kalau ada teman yang sudah tahu, terus cerita ke orang lain, ya saya sering bilang 'nggak usah dikasih tahu lah'. Malah kalau saya melamar pekerjaan, saya nggak pernah cantumin nama papa," katanya.

"Nah, malah ada juga teman-teman yang kenalin saya ke orang tuanya: "Mah, ini loh anaknya Ellyas Pical yang petinju itu," orang tua teman terkadang sampai enggak percaya," ungkap Matthew kemudian tertawa.


(fem/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed